oleh

Waspada ‘Siswa Titipan’, Pemkot Depok Bentuk Tim Pengawas PPDB

PPDB

DEPOK – Pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Sekolah negeri yang menjadi favorit para orang tua dan anaknya, banyak terjadi pelanggaran seperti ‘siswa titipan’.

Untuk menghindari hal tersebut, Dinas Pendidikan Kota Depok membentuk tim pengawas PPDB online. Tim ini terus melakukan sosialisasi kepada orangtua dan calon siswa melalui sekolah, supaya memahami alur pendaftaran.

BACA JUGA:  Pelaku Usaha Tak Taat Pembatasan Aktivitas Warga, Bakal Kena Denda 25 Juta

Wali Kota Depok Mohammad Idris menegaskan, akan ada tindakan tegas jika menemukan indikasi kecurangan dalam PPDB online seperti titipan dan permainan oleh pihak-pihak tertentu.

Idris mengakui, meskipun secara online tetap tidak menutup kemungkinan celah adanya kecurangan.

“Tapi saya optimistis tidak ada titipan pada PPDB online. Kalau soal jaminan, tentu hanya Allah yang bisa menjamin. Jangan ada titipan itu namanya liar, belum lagi adanya pungutan liar. Bisa saja curang namanya komputer itu kan juga dikelola manusia, kami antisipasi,” tegasnya, Senin (20/6).

BACA JUGA:  Pegawai Terpapar Covid-19, Kantor Kelurahan Bojongsari Ditutup Sementara

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Herry Pansila menyatakan, dalam PPDB online, pihak sekolah harus lebih transparan dan adil agar jangan sampai ada siswa yang tak bisa diterima di sekolah. Dia meminta agar tidak ada diskriminasi atau tak ada pelayanan oleh sekolah.

“Semua dinas mengakomodasi PPDB online. Ada tim Ombudsman mereka akan terjun ke tiap sekolah,” tegasnya.

Komentar

Berita lainnya