oleh

Walikota: Munir Masih Ketua DKD

IMG_5707 copy

DEPOK – Walikota Depok Mohammad Idris mengatakan bahwa menurutnya ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) saat ini tetap dipegang Misbahul Munir berdasarkan SK Walikota Depok, dan yang bersangkutan belum mengundurkan diri.

“Karena Ketua lama yakni Pak Munir belum mengundurkan diri, masih berpegang pada SK Walikota hingga 2018, yang ditandatangani Pak Nur Mahmudi saat itu. Silakan dilihat SK-nya,” jelasnya.

Hal tersebut ditegaskan terkait kisruh kepengurusan DKD dan hasil dari Musyawarah luar Biasa (Muslub) DKD yang digelar pada 29 April 2016.

Idris sendiri sebelumnya telah menetapkan bahwa Muslub harus diulang dan segera dilaksanakan dalam waktu dekat dengan Panitia Pelaksana (Panpel) dari pihak netral.

BACA JUGA:  Kampanye Pilkada 2020 Harus Terapkan Protokol Ketat

“Muslub akan diadakan ulang dengan pihak netral yang menjadi panitia pelaksana, poraparsenbud yang akan jadi panpel, karena Pemkot diharapkan netral,” kata Idris.

Terkait hal tersebut, seniman Puguh Tjahjono melalui rilis yang diterima depokpos mengatakan bahwa seniman Depok menolak wacana bahwa musyawarah luar biasa Dewan Kesenian Depok (DKD) harus diulang. Mereka menganggap musyawarah luar biasa yang diadakan pada 29 April 2016 lalu sah dan sudah sesuai dengan mekanisme organisasi.

BACA JUGA:  Paslon Pilkada Harus Perhatikan Protokol Kesehatan Saat Kampanye

“Mengulang musyawarah luar biasa justru itu inkonstitusional,” kata Puguh yang ditunjuk oleh Pengurus Harian DKD sebagai ketua Panitia Muslub, waktu itu.

Puguh menjelaskan, berdasarkan anggaran dasar Dewan Kesenian Depok, musyawarah luar biasa dapat diadakan jika diusulkan dan disetujui sekurang-kurangnya dua pertiga anggota Dewan Kesenian Depok. Keputusan musyawarah luar biasa dianggap sah apabila disekapakati oleh 50 persen + satu suara dari peserta muslub yang hadir.

“Nah yang hadir di musyawarah itu lebih dari 75 persen anggota Dewan Kesenian Depok,” ujar alumnus pascasarjana Institut Kesenian Jakarta itu.

BACA JUGA:  Lakukan Kegiatan Positif Agar Tak Gampang Stres

Ia merinci, jumlah anggota dan pengurus Dewan Kesenian Depok jumlah resminya adalah 23 orang, kemudian mulai ada yang tidak hadir untuk rapat-rapat internal dalam menggagas agar DKD ini tetap solid dan berjuang, bahkan setelah deadlock pada raker perdana, tegas menyatakan mengundurkan diri, hingga tinggal 16 orang bahkan dua pekan sebelum Muslub jumlah anggota pengurus resmi tinggal 15 orang. Sementara yang menyetujui dan menghadiri musyawarah sebanyak 13 orang.

Komentar

Berita lainnya