oleh

Menu Buka Puasa yang Segar, Sehat dan Sederhana

es-mentimun.jpg

Menu buka puasa yang sehat adalah kunci untuk mengembalikan kembali energi dan cairan tubuh yang telah banyak hilang seharian. Karena itu, tak perlu hidangan yang kaya santan atau berbagai bumbu untuk berbuka puasa. Cukup yang alami, dan kaya vitamin serta mineral dan air.

Untuk itu Dokter Purwita Wijaya Laksm, pakar Geriatri dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/ RSCM menyarankan untuk mengonsumsi air putih atau jus buah tanpa gula terlebih dahulu.

“Yang terbaik adalah perbanyak minum jus dan air putih. Usahakan minum air putih sampai 10 gelas sehari. Cara minumnya dibagi-bagi ketika berbuka, saat makan malam, habis Taraweh, menjelang tidur, dan saat sahur,” terangnya seperti dilansir Bisnis.com.

Teh dan kopi ada baiknya dihindari untuk berbuka, sebab berakibat efek diuretik atau menyebabkan sering buang air kecil. Ini malah menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi.

Berikut ini contoh menu buka puasa yang segar dan sehat, namun sederhana:

Kurma dan air putih
Es timun suri dan cincau
Jus semangka dan apel atau timun
Salad aneka buah
Es timun serut

Sayuran untuk menu buka puasa:

Sayur asem
Sayur bening/bayam
Tumis kangkung
Sayur lodeh
Sayur sop

Lauk untuk buka puasa:

Pepes tahu/jamur/ikan
Semur ayam/tahu/kentang
Tempe dan tahu goreng
Perkedel kentang/tahu/jamur
Ikan bakar/ ikan tim

Dengan menu berbuka puasa yang segar dan sehat di atas, tubuh akan selalu fit dan segar menjalankan ibadah puasa. Selamat mencoba.

Komentar

Berita lainnya