oleh

Kopi Berbahaya Bagi Wanita?

Live Update COVID-19 Indonesia

2.738
Positif
221
Meninggal
204
Sembuh

Live Update COVID-19 Dunia

1.418.730
Positif
81.502
Meninggal
301.398
Sembuh
Ilustrasi. (ist)
Ilustrasi. (ist)

Apakah kopi berbahaya bagi wanita? Kopi adalah salah satu minuman yang banyak digemari baik pria maupun wanita. Minuman yang terkenal dapat mengurangi rasa kantuk ini sangat dikenal di masyarakat Indonesia. Perkembangan penjualan kopi pun saat ini sudah banyak di berbagai sudut kota. Bagi sebagian orang, minum kopi adalah hal yang tidak bisa dilewatkan setiap harinya.

Menurut dr. Rommel Aritonang, yang merupakan dokter di Klinik Dharma Bakti Medical Center, kopi dapat membuat orang menjadi bersemangat sepanjang hari. Secangkir kopi sehari dapat melancarkan peredaran darah, namun jika mengkonsumsi kopi berlebihan dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan Anda.

Menurut uraian yang disampaikan dr.Rommel, kopi memiliki kenikmatannya tersendiri, tetapi di sisi lain kopi pun berbahaya bagi tubuh manusia. Berikut ini kandungan berbahaya yang tidak baik untuk kesehatan wanita, yaitu kafein dan niacin.

Kafein dan niacin sangat tidak baik jika dikonsumsi berlebihan bagi tubuh. Sebenarnya Niacin atau biasa disebut dengan vitamin B3 sangat bagus untuk kesehatan, terutama mengobati penyakit kolesterol, pusing, dan migran. Namun, jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan gagal ginjal. Kafein sendiri jika dikonsumsi secara berlebihan akan membuat kinerja jantung menjadi lebih cepat dan membuat wanita akan deg-degan.

Soleha, merupakan salah satu ibu rumah tangga, salah satu pecinta kopi pada waktu mudanya. Kopi merupakan minuman terenak menurutnya. Namun, karena penyakit asam lambungnya ia sudah tak berani untuk minum kopi karena akan membuat asam lambungnya naik sehingga mengakibatkan penyakit maag kambuh.

Bahaya lain dari meminum kopi bagi wanita, yaitu gangguan pencernaan, kerusakan pada tulang, mengurangi keindahan pada gigi, kelainan pada payudara, Premenstual Syndrom (PMS), gangguan kehamilan, keguguran, wanita sulit hamil, dan kelainan pada bayi.

Selain bahaya tersebut, kopi pun memiliki manfaat juga untuk kesehatan wanita, seperti melawan depresi, menghindari stress dan putus asa, menjaga kesenangan hati, menurunkan risiko diabetes tipe II, menurunkan risiko Alzheimer dan Prankinson.

Mengetahui hal itu, kita sebagai wanita harus lebih menjaga kesehatan tubuh, terlebih lagi jangan minum kopi secara berlebihan. Kemudian, jika sudah mengalami gangguan yang tidak di dalam tubuh akibat minum kopi, segera periksalah ke dokter.

Feny Sasmitha

Komentar

Berita lainnya