oleh

Depok Godok Perda Ramah Lansia

Live Update COVID-19 Indonesia

2.738
Positif
221
Meninggal
204
Sembuh

Live Update COVID-19 Dunia

1.418.696
Positif
81.497
Meninggal
301.398
Sembuh
Ilustrasi lansia. (JIBI/dok)
Ilustrasi lansia. (JIBI/dok)

DEPOK – Pelayanan yang optimal bagi penduduk lanjut usia (lansia) memungkinkan mereka untuk terus bisa mandiri, beraktivitas, dan hidup layak sesuai usianya. Untuk mencapai hal tersebut, Pemerintah Kota Depok saat ini sedang merancang pembuatan Peraturan Daerah (Perda) sebagai landasan Depok Kota Ramah Lansia.

Hal tersebut ditegaskan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Kota Depok Diah Sadiah di Balaikota Depok, Senin (13/6).

“Kajiannya sudah ada, kami bekerja sama dengan Center of Ageing (CAS) Universitas Indonesia sejak 2015 lalu, nantinya draf tersebut akan diajukan ke dewan dan diharapkan 2017 nanti dapat disahkan,” ujarnya.

BACA JUGA:  Afifah Alia Bagikan APD untuk 2 Puskesmas di Depok

Diah juga mengatakan, dengan adanya Perda tersebut, Pemkot Depok akan memiliki payung hukum untuk mengembangkan Kota Ramah Lansia dan semua usia secara bertahap, serta berkesinambungan untuk menjadi acuan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan masyarakat.

Dalam Perda ini nantinya akan ada banyak keberpihakan kepada para lansia, di antaranya di bidang infrastruktur, transportasi, dan lainnya.

BACA JUGA:  Cegah Corona di Kalangan Santri, Dompet Dhuafa-ARBI Inisiasi Pencegahan Preventif di Berbagai Pesantren

“Apalagi saat ini Pemkot Depok memiliki program Depok Sahabat Lansia, yang masuk ke dalam sembilan program andalan wali kota dan wakil wali kota yang baru. Maka kehadiran Perda Kota Ramah Lansia sangat diperlukan,” papar Diah.

Komentar

Berita lainnya