oleh

Budaya Mengucapkan Salam di Indonesia

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Dalam kehidupan sehari-hari sudah semestinya ketika keluar rumah maupun bertemu dengan orang lain harus mengucapkan salam, tetapi Tanah Air kita tercinta sebagian besar orangnya sudah mengikuti tren-tren kebarat-baratan dan membuat tergesernya kebudayaan dan adat-istiadat negeri ini. Padahal mengucapkan salam sangat penting untuk menghargai keberadaan orang lain.

Salam merupakan salah satu kalimat penting dalam kehidupan beragama untuk berkomunikasi. Biasanya dalam masyarakat salam dimulai ketika memulai pembicaraan melalui telepon, atau bisa juga ketika memulai suatu aktifitas dan ketika bertamu kepada rumah orang lain.

BACA JUGA:  Model Cantik Hanggini Rilis Single Baru "Ruang Bahagia"

Dalam Islam Ustad Jafar menjelaskan dalam hadist Rasulullah SAW “kamu sekalian tidak akan masuk surge sebelum beriman, dan kamu sekalian tidaklah beriman sebelum kamu saling mencintai. Maukah kamu aku tunjukan sesuatu yang apabila kamu mengerjakannya maka kamu sekalian akan saling mencintai? Yaitu sebarluaskanlah salam di antara kamu sekalian.” HR. Muslim.

BACA JUGA:  Tentang Kain Hitam di Videoklip Lagu ‘Jangan Dipaksa’ Bima WP feat. Febby Alandino

Orang Tua saya mengajakan anak-anak nya untuk memberi salam ketika bertemu dengan orang lain dan bertamu ke rumah orang lain. Ketika bertamu kepada muslim mengucapkan “assalammualaikum” sedangkan bertamu terhadap non muslim mengucapkan “permisi” karena Orang Tua saya mengatakan hal tersebut untuk mendoakan.

Mengucapkan salam tidak hanya di Islam saja tetapi sudah tradisi bagi Negara Indonesia karena Negara Indonesia dapat menghargai warganya. Karena itu tren yang mengikuti kebarat-baratan yang tidak mengucapkan salam seharusnya tidak dicontoh. Mari kita terus budayan Salam karena Negara Indonesia, Negara yang saling menghargai.

BACA JUGA:  Tival Salsabila Kembali dengan Single "Peka"

Mutia Nur Agustin

Komentar

Berita lainnya