oleh

Tanaman Hidroponik Bisa Menjadi Home Industri yang Menjanjikan

image (640x480)

DEPOK – Keterbatasan lahan urban tidak harus menyurutkan niat kita untuk bercocok tanam, apalagi saat ini banyak berkembang teknologi cara bercocok tanam, salah satunya adalah hidroponik.

Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas.

BACA JUGA:  Gubernur Siapkan Skenario Penanganan Covid-19 di Depok Jika Terus Meningkat

Atas dasar itulah, Kampung Teknologi Foundation (KTF) menggelar pelatihan dasar cara-cara bercocok tanam dengan metode hidroponik.

Hidroponik merupakan metode penanaman yang ramah lingkungan, karena tidak memerlukan pestisida atau herbisida yang beracun. Selain tidak memerlukan banyak air seperti bercocok tanam dengan cara konvensial. Metode ini juga sama sekali tidak perlu melakukan penyiraman pada tanaman. Hal tersebut juga membuat sayuran yang dihasilkan lebih aman serta sehat.

BACA JUGA:  Pilkada Depok 2020: Pradi-Afifah Nomor Urut 1, Idris-Imam Nomor Urut 2

Meski tidak menggunakan tanah sebagai media, tentu metode ini tidak hanya memerlukan air, namun perlu adanya unsur lain untuk mendukung pertumbuhan tanaman.

“Saya berharap dengan sering diadakan pelatihan semacam ini, banyak masyarakat yang tertarik untuk bercocok tanam dengan metode ini sehingga menghasilkan tanaman berbasis home industri,” jelas pria yang akrab disapa Mas Adjie kepada depokpos.

BACA JUGA:  Ridwan Kamil Apresiasi Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di Depok

Pelatihan kali ini adalah pelatihan hidroponik yang ketiga kalinya yang digelar KTF, untuk pelatihan kali ini, peserta di dominasi dari komunitas Kuliner Kasih dan InfoDepok di Depok dan sekitarnya.

Trainer pelatihan kali ini adalah Oeki Utoro dari Yayasan Temu Tanam Indonesia yg juga pehobi hidroponik.

Komentar

Berita lainnya