oleh

Rumah Balada Indonesia, Komunitas Musisi dan Pencinta Lagu Balada

uly sigar.jpgSalah satu tujuan kehadiran Rumah Balada Indonesia (RBI) adalah meningkatkan apresiasi seni dan budaya, juga mengekspresikan rasa nasionalisme sebagai wujud cinta pada alam, bangsa, negara dan tanah air Indonesia.

Hal itu dikatakan Ketua Umum RBI Ullu Sigar Rusady di disela-sela memperingati kebangkitan Nasional sekaligus HUT ke-2 Rumah Balada Indonesia (RBI) belum lama ini (27/5) di Taman Lapangan Banteng, Jakarta.

Rumah Balada Indonesia (RBI) adalah wadah komunitas, para pemusik, dan pencinta lagu-lagu balada Indonesia untuk mengedepankan, mengangkat serta memasyarakatkan lagu-lagu balada agar dapat lebih popular dan sejajar dengan jenis-jenis muslik lainnya.

Rumah Balada Indonesia didirikan pada tanggal 31 Mei 2014 oleh Ully Sigar Rusady bersama tokoh-tokoh Balada, Pemerhati, Pemusik, Pecinta, Penyanyi lagu-lagu Balada. RBI dibentuk untuk para pemusik balada dapat saling berkomunikasi, bertukar informasi dan mengembangkan lagu-lagu balada agar lebih berkualitas dan berperan aktif dalam meningkatkan minat dan  semangat, serta mengembangkan kreativitas.

BACA JUGA:  Dian Sastro Kunjungi Mahasiswa dan Pelajar Secara Daring Melalui M-Class

“Diharapkan anak bangsa terbentuk karakter manusia Indonesia yang memiliki rasa nasionalisme yang tinggi, sosial, peduli kepada seni budaya dan lingkungan hidup Indonesia,” kata Ketua Umum Rumah Balada Indonesia (RBI) Ully Sigar Rusady, SPd Mus.MA di sela-sela HUT ke-2 RBI di Taman Lapangan Banteng, Jakarta, belum lama ini (27/5).

Bicara music Balada, Ully Sigar membagi tiga jenis lagu, yakni: Balada Pop Liris, Balada etnis/kreatif dan balada rakyat. Di dalam aktivitasnya, RBI gencar dan aktif menampilkan panggung balada. Lagu-lagu balada perlu dilestarikan , khususnya lagu Balada Rakyat dari masyarakat etnis Indonesia.

BACA JUGA:  Pendakian Gunung Gede Pangrango Kembali Ditutup

“Diharapkan antar sesama musisi  balada Indonesia maupun folk saling bersinergis dan mendukung, sehingga sejajar dengan jenis-jenis music lainnya di dalam dunia permusikan,” kata Ully.

RBI yang bersekretariat di Jl. RS Fatmawati No 1, Kebayoran baru ini, memiliki visi misi dalam mengembangkan komunitasnya. Adapun visinya adalah tercapai perkembangan dan kemajuan music balada Indobesia yang berskala nasional dan internasional. Sedangkan misinya adalah pembinaan untuk kapasitas SDM pemusik-pemusik balada di Indonesia. Kemudian membuat berbagai event untuk  memajukan music balada dan folk melalui pentas-pentas musik balada di Indonesia.

BACA JUGA:  Wadahi Pemuda Pemantik Kemajuan, BAKTI NUSA Gelar Future Leader Challenge (FLC) 2020

Ada beberapa tujuan yang akan dicapai oleh RBI, diantaranya: mengangkat harkat, martabat dan keberadaan music balada di dunia musik Indonesia, meningkatkan mutu seni pertunjukan lagu balada, memberikan informasi dan komunikasi mengenai pertunjukan music balada kepada sesama musisi balada, menyetarakan seni pertujukan musik balada yang ada di Indonesia dengan kriteria nasional dan internasional.

Tujuan lain yang hencak dicapai RBI adalah meningkatkan apresiasi seni, budaya, alam dan lingkungan hidup Indonesia, mengekspresikan rasa nasionalisme sebagai wujud cinta pada alam, bangsa, negara dan tanah air Indonesia. Kemudian, mengangkat kesenian rakyat sebagai kekayaan folkore Indonesia, dan mendata puisi-puisi dan lagu-lagu balada rakyat di Indonesia. (Desmoreno)

Komentar

Berita lainnya