oleh

Mendikbud: Tingkat SD Tak Ada UN, Hanya UAS

anies-baswedan-smp-rempoa

DEPOK – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan memastikan tidak ada penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Dasar (SD), melainkan hanya Ujian Akhir Sekolah (UAS).

“Tingkat SD tak ada UN, yang diselenggarakan di beberapa daerah adalah UAS, yang menyelenggarakan pemda, yang membuat Pemda,” jelasnya di Hotel Margo Depok, Minggu (15/5) malam.

BACA JUGA:  Didin Hafidhuddin dan Adian Husaini Terpilih Pimpin Dewan Da'wah Islamiyah

Anies juga menambahkan bahwa UAS SD tersebut tidak menjadi patokan kelulusan. Semua kelulusan siswa SD ditentukan mata pelajaran. Mata pelajaran yang diujikan juga sepenuhnya diserahkan kewenangan Pemda.

“Tiap Pemda membuat soal yang berbeda – beda, kalau muatan lokal misalnya diujikan tergantung itu wilayah masing – masing Pemda,” tegasnya.

Seluruh siswa SD disarankan untuk mempersiapkan segala perlengkapan ujian pada malam hari agar tidak terlambat menambah kepanikan keesokan harinya. Selain itu tidur cukup dan sikap orangtua agar tidak membuat anak tegang juga menjadi faktor penentu konsentrasi.

BACA JUGA:  Jelang Munas V(irtual) Hidayatullah Gelar Berbagai Acara

Karena ujian yang akan ditempuh siswa SD hari ini bukan unas, Anies meminta siswa tidak usah cemas. Baginya anak-anak SD tetap menghadapi ujian hari ini seperti ujian semesteran atau kenaikan kelas biasa.

Komentar

Berita lainnya