oleh

Ketua DPRD Depok Dukung Penghapusan Bimtek dan Kunker

Ketua DPRD Depok Hedrik Tangke Allo.
Ketua DPRD Depok Hedrik Tangke Allo.

DEPOK – Ketua DPRD Kota Depok, Hendrik Tangke Allo mendukung wacana Kementerian Dalam Negeri, untuk melarang kegiatan bimbingan teknis (bimtek) dan kunjungan kerja (kunker) yang dinilai tak jelas.

Baginya, kebijakan seperti ini merupakan langkah positif. Karenanya perlu di dukung semua pihak. “Harus mengikuti kebijkan pusat. Apalagi jika tujuanya bagus,” terangnya kepada watawan, Selasa (10/05).

Lebih lanjut, kata dia, kepastian adanya kebijakan yang berlaku di daerah ini harus menunggu restu pusat. Ia yakin, khusus di dewan, aturan ini tak akan mengganggu kinerja.

BACA JUGA:  Inisiasi Pengelolaan Sampah Eletronik di SMAN 1 Depok

“Tidaklah mengganggu kinerja. Saya mendukung jika semua kegiatan kunker harus berdasarkan urgensi yang jelas,” tukasnya.

Sebelumnya, Pemerintah mewacanakan akan merevisi kegiatan bimtek dan kunker anggota DPRD. Dua kegiatan tersebut dinilai hanya menghamburkan anggaran negara dan kurang bermanfaat.

“Uang yang digelontorkan untuk bimtek dan kunker relatif besar. Sebagai contoh, biaya reses anggota DPRD di Papua membutuhkan anggaran minimal Rp250 juta,” kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Selasa (10/5).

BACA JUGA:  KCD Kembali Rayakan HUT RI di Sungai Ciliwung

Menurut Mendagri, bimtek dan kunker bisa tetap dilakukan asalkan ada hasil yang positif dari kegiatan tersebut. Ia mengatakan jangan sampai DPRD dari daerah maju studi banding ke wilayah yang masih tertinggal.

Komentar

Berita lainnya