oleh

Jelang Puasa Harga Sembako di Pasar Kemiri Masih Stabil

Suasana pasar kemiri muka pada saat subuh. (foto mia)
Suasana pasar kemiri muka pada saat subuh. (mia/depokpos)

DEPOK – Sejumlah harga bahan pokok di pasar Kemiri Muka, beji Depok, belum terlihat mengalami kenaikan jelang masuknya bulan Ramadan.

Biasanya, seminggu menjelang Ramadhan, harga yang mulai naik yaitu harga daging sapi, harga daging ayam, dan sembako. Kebutuhannya memang banyak diminati pembeli karena merupakan kebutuhan pokok, selain untuk berjualan, maupun hidangan awal sahur dan berbuka.

“Saat ini harga sembako masih relative stabil belom ada lonjakan. Mungkin harga sembako akan naik ketika seminggu menjelang puasa, mulai tuh pembeli pada belanja banyak karena takut makin hari, makin naik harganya”, tutur Bu Ngiyem salah satu penjual di pasar Kemiri Muka.

Harga sembako naik ketika menjelang Ramadhan di hari ke-tujuh dan para pedagang akan berantisipasi sebagian bahan dagangannya. Misalnya jenis ubi-ubian. Ketika menjelang naik, banyak para pengantar bahan dagangan di Pasar Induk akan memberitahukan terlebih dahulu, dari situ pedagang mulai menaikkan harga jual.

“Harga sembako naik berkisar sekitar seribu hingga tiga ribu rupiah. Tapi untuk daging sapi maupun daging ayam, biasanya akan naik sekitar 30 hingga 40%,”  tambahnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa untuk jenis sayur-sayuran juga akan mengalami kenaikan, naum tak cukup segnifikan.

“Jenis sayur mayur mungkin akan naik pula sekitar seribu hingga dua ribu rupiah,” jelasnya.

Pasar Kemiri Muka merupakan pasar 24 jam yang terletak di bawah fly over jalan Arif Rahman Hakim. Mulai dari dini hari hingga menjelang malam, pasar kemiri ini tak pernah sepi pegunjung apalagi jika menjelang Ramadhan. Berbondonng-bondong orang membeli bahan makanan untuk menu kebutuhannya sendiri maupun untuk berjualan

Ni Rahayu Mulyono

Komentar

Berita lainnya