oleh

Idris Upayakan Produk Lokal Depok Go Internasional

Walikota Depok
Wali Kota Depok Mohammad Idris bersama Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi dalam acara ‘National Governance Days’ Indonesia Rumah Kita di Bale Santika, Kampus Universitas Padjajaran Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, berkomitmen untuk mengembangkan produk lokal budaya bernilai ekonomi ke luar negeri.

“Globalisasi ini sangat terkait bagaimana ada upaya-upaya marketing, memasarkan budaya kita keluar,” kata Wali Kota Depok Mohammad Idris dalam acara ‘National Governance Days’ Indonesia Rumah Kita di Bale Santika, Kampus Universitas Padjajaran Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (20/5).

Ia menuturkan produk lokal di Indonesia khususnya di Kota Depok cukup banyak yang perlu dikembangkan secara global. Idris menyebutkan seperti produk lokal yang sedang ditekuni warga Depok yakni ikan hias dengan pemasarannya sudah sampai ke mancanegara.

BACA JUGA:  Pelaku Usaha Tak Taat Pembatasan Aktivitas Warga, Bakal Kena Denda 25 Juta

“Kita sudah pasarkan ikan hias ke mancanegara khususnya Asia Tenggara, dia (pasar luar negeri) tertarik dengan ikan hias dari kita ini,” kata Idris.

Pemkot Depok, kata dia, mendorong potensi produk tersebut dengan membuat sentra pengembangannya di pinggiran kota. Selain itu pengembangan produk lokal Depok lainnya seperti kesenian tari yang memiliki nilai jual ke tingkat internasional.

BACA JUGA:  Paslon Pilkada Harus Perhatikan Protokol Kesehatan Saat Kampanye

“Tarian lokal ada, kita sekarang sedang diundang ke Yunani memasarkan budaya lokal,” katanya.

Menurut dia produk lokal yang ada di Indonesia seperti halnya kesenian maupun produk lain bernilai ekonomi ternyata mampu dipasarkan ke mancanegara. Ia berharap generasi bangsa diberbagai daerah di Indonesia harus memiliki semangat untuk mengembangkan potensi daeranya secara internasional.

“Artinya, kita bisa, kita pasarkan produk kita di dunia,” katanya.

BACA JUGA:  Ridwan Kamil Apresiasi Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di Depok

Ia menambahkan terkait Hari Kebangkitan Nasional kepada generasi bangsa yakni harus membangkitkan potensi daerah. Menurut dia kebangkitan potensi daerah itu berkaitan dengan sembilan program pokok pemerintah pusat.

“Mereka (generasi bangsa) harus mempersiapkan diri sebagai calon pemimpin bangsa sesuai dengan cita-cita kita semua,” katanya. Kegiatan seminar tersebut dihadiri juga oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi dan akademisi dengan peserta yang hadir dari kalangan mahasiswa dan birokrasi. (Antara)

Komentar

Berita lainnya