oleh

Bikin e-KTP Tak Perlu Surat Pengantar RT/RW

DEPOK – Seluruh masyarakat saat ini tidak lagi memerlukan surat pengantar dari RT/RW untuk pengajuan pembuatan e-KTP. Nantinya, masyarakat hanya akan membutuhkan fotokopi Kartu Keluarga (KK) saja sebagai syarat pengajuan pembuatan e-KTP.

Hal tersebut diungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok, Misbahul Munir, Selasa (24/5/2016).

Ditambahkan, meski cukup dengan menbawa fotokopi KK dan tanpa perlu lagi surat pengantar dari RT/RW, namun harus dipastikan KK yang dilampirkan adalah valid.

BACA JUGA:  Prototipe Angkot AC di Depok Siap, Bisa Bayar Non Tunai

“Namun, KK tersebut harus valid, maksudnya si pengaju e-KTP tersebut tidak tercantum di KK lain, kalau masih tercantum di KK lain maka harus menggunakan surat pengantar dari RT/RW setempat,” ujar Munir.

Dengan adanya kebijakan ini, diharapkan tidak akan ada lagi keluhan lagi dari masyarakat mengenai sulitnya birokrasi dalam pelayanan pembuatan e-KTP.

BACA JUGA:  Gubernur Siapkan Skenario Penanganan Covid-19 di Depok Jika Terus Meningkat

Selain itu, ditegaskan lagi, bahwa pembuatan e-KTP itu gratis tanpa dipungut biaya, hal tersebut berdasarkan Perda Kota Depok Nomor 10 tahun 2015. Dalam Perda dijelaskan bahwa semua gratis, kecuali denda dan telat lapor.

Komentar

Berita lainnya