oleh

Becak Masih Tetap Eksis di Kota Depok

Barisan becak di Pasar Kemiri Muka, Depok. (foto Wahyu Setiawan)
Barisan becak di Pasar Kemiri Muka, Depok. (foto Wahyu Setiawan)

DEPOK – Keberadaan becak mungkin sudah tersingkirkan dari jalanan di Ibu Kota. Namun, keberadaannya masih tetap eksis di tengah sibuknya geliat perniagaan di pasar Kemiri Muka, Beji, Depok.

Beberapa tukang becak tampak terduduk santai di becaknya sembari menawarkan jasanya kepada para pengunjung pasar Kemiri Muka yang sedang berlalu-lalang. Salah satunya adalah Pak Eko, ia mengaku sudah menjadi tukang becak sejak 2007 silam.

BACA JUGA:  Perketat Protokol Kesehatan, Depok Terbitkan Dua Perwal

Pekatnya asap kendaraan bermotor dan beceknya keadaan pasar Kemiri Muka, tidak menghalanginya untuk mengais rezeki, ia mengatakan tidak mempunyai pilihan lain untuk membuat roda perekonomian keluarga kecilnya tetap berputar.

Berbekal sebuah becak berwarna biru kesayangannya, ia mengenjot becaknya mulai dari subuh hingga sore hari. Pak Eko mengatakan bahwa pendapatannya tidak pasti, jika sedang sepi ia akan mendapatkan uang tidak lebih dari 20 ribu rupiah, sedangkan jika sedang ramai, ia dapat mengantongi uang sebesar 250 ribu rupiah.

BACA JUGA:  Paslon Pilkada Harus Perhatikan Protokol Kesehatan Saat Kampanye

Pak Eko mengaku pasrah jika pendapatannya tidak mencukupi untuk menghidupi keluarga kecilnya, ia berharap agar keesokan harinya mendapatkan rezeki yang lebih baik lagi. Apalagi istrinya kini telah mengandung anak pertama dan telah memasuki usia kandungan dua bulan.

“Insha Allah nanti bisa dapat rezeki lagi, besoknya narik lagi, buat nutupin penghasilan hari kemarin yang belum mencukupi,” ujar Pak Eko sambil tersenyum menghadapi kerasnya kehidupan di Kota Depok.

BACA JUGA:  Kampanye Pilkada 2020 Harus Terapkan Protokol Ketat

Wahyu Setiawan
Mahasiswa Jurusan Teknik Grafika Penerbitan, Program Studi Penerbitan Jurnalistik
Politeknik Negeri Jakarta

Komentar

Berita lainnya