oleh

Apalah Arti Materi Bila Seni Merupakan Bagian Dari Hidupnya

IMG_5719 copy
Tunggul disela-sela acara Gebyar Budaya 2016, di Tanah Baru, Beji, Depok.

Ketika banyak orang berani membayar mahal untuk sebuah karya seni, apalah arti materi bagi mereka yang hidup didalam karya seni itu.

Berawal dari belajar secara otodidak, kini hobi membuat seni rupa karikatur menjadi bagian hidup tanpa mempersoalkan materi.

Karikatur adalah gambar atau penggambaran suatu objek konkret dengan cara melebih-lebihkan ciri khas objek tersebut. Karikatur menggambarkan subjek yang dikenal dan umumnya bermaksud untuk menimbulkan kelucuan.

BACA JUGA:  Hati-hati Jangan Jongkok di WC Duduk

Tunggul Panjaitan, yang kini berusia 69 tahun, tak pernah mempersoalkan tentang materi.

Materi baginya adalah rahasia Illahi. Bila diperhitungkan soal uang, bisa saja dalam 3 bulan tak ada pemasukan atau bahkan bisa saja dalam sehari pendapatannya cukup besar. Oleh karena itu, hidup begitu rahasia tanpa ada manusia yang tahu kedepannya.

Puluhan tahun Tunggul bergelut dalam dunia seni karikatur. Ia mempunyai prinsip dalam berkeseniaan, yaitu memperkenalkan serta memberikan pendidikan tentang perbedaan seni natural dengan seni karikatural.
Tunggul juga berharap supaya semua orang mempunyai lukisan wajahnya sendiri dalam bentuk karikatur, karena karikatur merupakan karya seni yang sesungguhnya dan bukan sekedar karya seni biasa pada umumnya.

BACA JUGA:  Istilah-Istilah Pinjaman Online yang Wajib Diketahui

Untuk meperkenalkan karikatur, ia biasa berada di Margonda Raya dan setiap akhir pekan ia berada di area Car Free Day Jakarta. Ia mampu membuat karikatur dalam waktu singkat selama 7 menit, ia juga dapat membuat 30 gambar karikatur dalam sehari.

Tunggul tidak pernah merasa bosan atau lelah dalam membuat karikatur, karena karikatur sudah menjadi bagian hidup, hobi, dan kecintaannya terhadap seni.

BACA JUGA:  Istilah-Istilah Pinjaman Online yang Wajib Diketahui

Syintia Febrianti

Komentar

Berita lainnya