oleh

1 Juni Kodam Jaya Ajarkan Pancasila Serentak di Sekolah

2016-05-31 PENDIDIKAN_Tanamkan-Nilai-nilai-Pancasila-Sejak-Dini-770x439_c.jpg

DEPOKPOS – 1 Juni 2016, tepat hari lahirnya Pancasila, Kodam Jaya/Jayakarta mulai meriahkan dan memperingati dengan berbagai persiapan.

Menurut Asisten Teritorial Kasdam Jaya Kolonel Inf Arudji, Kodam Jaya memperingati hari lahirnya Pancasila 1 Juni 2016 dengan menggelar pengajaran secara serentak di seluruh sekolah yang ada di Jakarta dan sekitarnya, dengan bekerja sama dengan Klinik Pancasila pimpinan Dr Dodik, Rabu (1/6) besok.

Masih menurut Arudji, kegiatan ini merupakan perintah Panglima TNI untuk memperingati hari lahirnya Pancasila. Kodam Jaya akan bekerja sama dengan Polri, Pemda dan para guru untuk kegiatan mengajar Pancasila tersebut selama 30 sampai 60 menit dan tetap mengedepankan guru di sekolah dengan materi pembahasan seperti sejarah Pancasila, mengapa Pancasila menjadi dasar negara, mengapa 1 Juni diperingati sebagai hari lahir Pancasila dan 1 Oktober sebagai hari Kesaktian Pancasila.

BACA JUGA:  Dian Sastro Kunjungi Mahasiswa dan Pelajar Secara Daring Melalui M-Class

Kenapa sekolah sekolah yang menjadi sasaran pengajaran Pancasila. Arudji menjelaskan, saat ini masih banyak remaja-remaja yang kurang memahami Pancasila sebagai ideolgi negara. Banyak dijumpai pemakaian atribut, lambang atau tulisan bahkan kegiatan yang jelas-jelas bertentangan dengan nilai Pancasila, misalnya tulisan atau lambang yang menunjukan faham komunis, mirisnya kebanyakan dilakulan oleh remaja usia sekolah. Lemahnya pemahaman mereka menjadi obyek empuk bagi pihak yang bertentangan dengan Pancasila untuk melancarkan aksinya.

BACA JUGA:  Jelang Munas V(irtual) Hidayatullah Gelar Berbagai Acara

Salah satu sekolah yang akan menjadi sasaran pengjaran Pancasila adalah SMAN 6 Bekasi. Di sana akan digelar Klinik Pancasila dengan agenda awal yaitu “Guru Sosial Mengajar Pancasila Bakti TNI Untuk anak negeri” di SMA 6 Kota Bekasi tepatnya di Taman Galaksi pada hari lahir Pancasila, 1 Juni 2016. Akan ada 27 aparat TNI yang akan mengajar di 27 kelas serentak jam 7 pagi.

BACA JUGA:  Wadahi Pemuda Pemantik Kemajuan, BAKTI NUSA Gelar Future Leader Challenge (FLC) 2020

Degan kegiatan ini, diharapkan generasi muda khususnya anak sekolah sebagai penerus kelangsungan hidup bernegara, akan memiliki pemahaman yang benar tentang Pancasila dan bisa menjadi benteng kokoh dari kelicikan para penghianat Pancasila.

Komentar

Berita lainnya