oleh

Walikota Ungkap Alasan Pembatalan Rencana Pelebaran Jalan Raya Sawangan

_MG_1983
Walikota Depok Idris Abdul Shomad didampingi Kadiskominfo Fitriawan dalam acara Bincang Santai Netizen di Institut Musik Jalanan, Sabtu (9/4).

DEPOK – Walikota Depok Idris Abdul Shomad mengungkapkan alasan pembatalan rencana pelebaran Jalan raya Sawangan yang sudah diwacanakan sejak lama. Hal tersebut disampaikan dihadapan audience yang hadir dalam acara Bincang Santai Netizen Depok yang digelar di Institut Musik Jalanan, Sabtu (9/4).

Idris menjelaskan bahwa sejauh ini menurut data yang ia terima dari Samsat Cinere dan Samsat Sukmajaya, jumlah kendaraan yang tercatat di Kota Depok saat ini mencapai hampir satu juta kendaraan roda dua dan roda empat, sementara warga Depok sendiri mencapai dua juta.

BACA JUGA:  Pelaku Usaha Tak Taat Pembatasan Aktivitas Warga, Bakal Kena Denda 25 Juta

“Ini yang tercatat di Kota Depok saja ya, dan masih banyak warga Depok yang memiliki kendaraan namun tercatatnya tidak di Samsat Depok namun tercatatnya di Jakarta atau Bogor,” terang Idris.

Sementara dari sisi jalan yang tersedia, lanjut Idris, bahwa jalan yang menjulur dari barat ke timur cuma punya satu jalan yakni jalan raya Sawangan, sementara yang menjulur dari utara keselatan ada 4 atau lima ruas jalan.

BACA JUGA:  Gubernur Siapkan Skenario Penanganan Covid-19 di Depok Jika Terus Meningkat

Hal tersebut menyebabkan penumpukan kendaraan yang berada di jalan raya Sawangan karena memang hanya ada satu akses jalan.

“Maka rencana pelebaran jalan raya Sawangan yang sudah direncanakan sejak lama ini belum tentu memecahkan permasalahan kemacetan, karena memang cuma itu jalurnya, satu-satunya jalur dari barat ke utara” lanjut Idris.

Idris sendiri mengaku mendapatkan masukan dari ahli tata ruang kota di Universitas Indonesia mengenai permasalahan kemacetan di Kota Depok dan alternatif solusinya.

“Kita harus membuat jalur-jalur yang lain yang menghubungkan timur dan barat selain jalan raya Sawangan, kita rencanakan jalan Juanda yang memang ada wacana akan kita lanjutkan sampai Cinere,” tukasnya.

BACA JUGA:  Ridwan Kamil Apresiasi Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di Depok

Selain itu juga akan ada jalan-jalan lain yang diharapkan bisa memecah kemacetan di Margonda dan Jalan Raya Sawangan. Idris menjelaskan bahwa semua tu sudah masuk rencana pembangunan di Kota Depok, termasuk pembangunan jalan layang Markaswangi yang menghubungkan Margonda, Jalan Kartini, Dewi Sartika dan Jalan Siliwangi. (ghozi)

Komentar

Berita lainnya