oleh

Imigrasi Depok Deportasi 3 Pesepakbola Nigeria

IMG_9770- copy

DEPOK – Kantor Imigrasi Kelas II Depok mendeportasi tiga pesepakbola asal Nigeria karena melebihi batas izin tinggal. Ketiga WNA Nigeria tersebut adalah Nwaneri Johnson C (23), Anyanwu Ikechukwu Kennedy (43) dan Henry Chisom Iwu (22 ).

Anyanwu dan Henry dideportasi ke negaranya melalui Bandara Soekarno – Hatta, Kamis, 31 Maret 2016, sedangkan Johnson akan dipulangkan pada Kamis, 7 April 2016.

BACA JUGA:  Patuhi Protokol Kesehatan, Idris-Imam Daftar KPU Tanpa Libatkan Massa

“Ketiganya melanggar pasal 78 ayat 3 Undang – Undang Keimigrasian. ‎Mereka overstay (melebihi izin tinggal) 40 – 60 hari,” ucap Kepala Imigrasi Kota Depok Dudi Iskandar di ruang kerjanya, Jumat (1/4).

Dudi menuturkan, ketiga WNA tersebut didatangkan ke Indonesia oleh seorang agen sekitar 5 – 6 bulan lalu dan dijanjikan oleh agennya untuk bermain di klub nasional. Ketiganya pun tinggal sementara di Jakarta. Namun karena tak ada kepastian, ketiganya lalu tinggal di Depok dan bermain di kompetisi antar kampung (tarkam).

BACA JUGA:  Paslon Pilkada Harus Perhatikan Protokol Kesehatan Saat Kampanye

“‎Selama menunggu kepastian, mereka bermain bola antar kampung,” ucap Dudi.

Saat diamankan, seorang WNA sempat berusaha melarikan diri. Mereka juga sempat melakukan perlawanan ketika dibawa ke Kantor Imigrasi Depok. Penangkapan dilakukan di sebuah rumah kost di Kampung Kekupu, Kelurahan/Kecamatan Cipayung tiga pekan kemarin.

Dudi meyakini, masih banyak WNA yang bermukim di Depok dengan melanggar aturan keimigrasian. Modus mengelabui aparat dilakukan melalui tinggal di rumah warga dan apartemen.

BACA JUGA:  Momen Haru Berlinang Air Mata di Deklarasi Idris-Imam

“Orang asing itu banyak juga yang tinggal di kosan, kita berharap peran aktif masyarakat. Diharapkan masyarakat melapor bila ada WNA yang dicurigai,” ucap Dudi. (fa)

Komentar

Berita lainnya