Teknologi Kemanusiaan

2013120713303181025

Membaca judulnya mungkin yang pertama terbayang oleh kita adalah sebuah robot yang memberikan bantuan kemanusiaan. Pendapat tersebut tidaklah salah, melainkan hanya salah satu contoh besar dari Teknologi Kemanusiaan.

Sebelum saya lanjutkan tulisan ini, ada baiknya kita pahami apa itu Teknologi, lalu apa pula Kemanusiaan. Definisi Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan, dan kenyamanan hidup manusia. Sedangkan definisi dari Kemanusiaan yaitu perasaan yang dimiliki setiap manusia untuk mencegah kita dari perbuatan yang jahat atau menentang dari ajaran agama.

Dari pengertian tersebut di atas saya mendefinisikan bahwa Teknologi Kemanusiaan sebagai “Sarana untuk kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia untuk mencegah perbuatan jahat dan menentang agama.”

BACA JUGA:  Angka Kekerasan Terhadap Anak Masih Tinggi

Lalu apa saja contoh kecil Teknologi Kemanusiaan (sebut saja TeMan) yang paling sederhana dan bermanfaat sebelum nantinya saya lanjutkan dengan pembahasan yang lebih mendalam tentang TeMan ini. Salah satunya yang paling sederhana dan hampir dimiliki oleh setiap orang saat ini adalah SMS (Short Message Services). Hal kecil yang sungguh luar biasa.

Bagaimana SMS bisa disebut sebagai TeMan? Dengan kemajuan teknologi komunikasi selular saat ini SMS bisa dijadikan sarana untuk menyebarluaskan berita berkaitan dengan kemanusiaan secara cepat dan dalam jumlah penerima banyak dalam waktu yang hampir bersamaan.

BACA JUGA:  Angka Kekerasan Terhadap Anak Masih Tinggi

Sebagai contoh, jika akan terjadi bencana disebuah daerah, maka  pihak erkait dapat segera menyebarkan SMS kepada seluruh warga dilokasi sekitar perkiraan akan terjadinya bencana dengan menyebarkan Location Based SMS (SMS yang berbasiskan lokasi penerima). Melalui cara tersebut, maka resiko terjadinya banyak korban dapat dihindari sesegera mungkin.

Dari sebuah contoh kecil TeMan di atas dapat kita pastikan jika ada sebuah organisasi seperti Depok Cyber Center (DCC) yang mempunyai rencana membuat aplikasi untuk warga Depok yang berfungsi banyak untuk membantu warga Depok dengan segala permasalahannya bisa menjadi TeMan yang sangat dibutuhkan oleh setiap warga.

BACA JUGA:  Angka Kekerasan Terhadap Anak Masih Tinggi

Secangkir Kopi saya tampaknya sudah habis, pada tulisan berikutnya akan saya coba jelaskan lebih dalam tentang TeMan kita yang baru ini. Tentunya bersama Secangkir Kopi bersama warga Depok.

100Ditulis oleh: Wiryono Sudianto (CJ Ryon)
Penulis adalah praktisi teknologi informasi dan penggagas Depok Cyber Center. Saat ini aktif  di Cyberlab yang berpusat di Bandung, Jawa Barat.

Komentar

Berita lainnya