oleh

Mengenal Mobil UI yang Cuma Butuh 1 Liter Bensin Untuk Jarak Depok-Surabaya

DEPOK – Tak perlu lagi takut kehabisan bensin jika memakai dua mobil buatan Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) ini. Bagaimana tiidak, untuk jarak tempuh 792 kilometer, mobil ini hanya membutuhkan satu liter bensin saja. Maka untuk jarak tempuh Depok – Surabaya yang sejauh 796 km, praktis mobil buatan anak UI ini hanya butuh seliter bensin saja. Luar biasa!.

Maka tak heran jika mobil UI jadi yang terbaik se-Asia pada ajang Shell Eco Marathon (SEM) yang berlangsung pada 3-6 Maret 2016 di Manila, Filipina.

Lalu seperti apa sebenarnya mobil hemat bahan bakar ini? mari intip kedua mobil luar biasa ini.

BACA JUGA:  Idris Ajak Warga Depok Baca Qunut Nazilah dan Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Mobil Keris RVII

Mobil Keris RVII
Mobil Keris RVII

Mobil bernama Keris RVII karya tim Nakoela berhasil menjuarai kompetisi mobil hemat pada kategori Prototype Gasoline dengan jarak tempuh 792 km/liter.

Keris RVII yang memiliki berat 40 kilogram ini menggunakan material carbon fiber, honeycomb dan alumunium. Dalam mendesain, membangun, memilih komponen dan material mobil, Keris RVII telah melalui perhitungan matang dan disimulasikan melalui software.

Tim Nakoela antara lain terdiri atas tujuh mahasiswa UI yaitu Diatri Mika (T.Metalurgi & Material 2013) ; Willy Chandra (T.Mesin 2012) ; Wirangga Pradipta (T.Mesin 2013) ; Dhedhe Rodat (T.Mesin 2013) ; Musthada Murayid (.Metalurgi dan Material 2013) ; Immanuel Santoclin (T.Mesin 2014) dan Guardio Orlando (T.Elektro 2014).

BACA JUGA:  Pelanggar Protokol Kesehatan Masih Tinggi, Pemkot Depok Tingkatkan Pengawasan

Kategori prototype memperlombakan kendaraan berbentuk futuristik yang bertujuan untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar melalui elemen desain yang inovatif. Keduanya dirancang untuk tujuan yang sama, menempuh jarak terjauh dengan satu liter bahan bakar.

Kalabia Evo 5

Kalabia Evo 5
Kalabia Evo 5

Tidak kalah kerennya, mobil bernama Kalabia Evo 5 tenryata juga jadi yang terbaik dalam kategori Urban Concept Gasoline. Mobil yang merupakan hasil karya mahasiswa UI yang tergabung dalam Tim Sadewa ini kembali berhasil memecahkan rekor Asia dengan pencapaian satu liter bensin untuk 275 kilometer. Sebelumnya mobil ini sering menang di ajang kompetisi nasional.

BACA JUGA:  Ridwan Kamil Apresiasi Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di Depok

Mobil beroda empat ini menggunakan material carbon fiber composis dan memiliki berat 75 kg. Adapun Tim Sadewa terdiri atas tujuh mahasiswa UI yaitu Alfian Ibnu (T.Mesin 2013); Fatahillah Putra (T.Mesin 2012); Andre Widianto (T.Mesin 2013) ; Reisa Adityo (T.Mesin 2013) ; Andro Cohen (T.Mesin 2014) ; Jefri Alonso (T.Mesin 2013) dan Aldino Jazmi (T.Elektro 2012).

Untuk diketahui, kategori urban concept lebih memerhatikan desain kendaraan konvensional roda empat yang hemat bahan bakar, sesuai dengan kebutuhan pengemudi saat ini.

Komentar

Berita lainnya