oleh

Kendaraan Jarang Diservis Bakal Kena Tilang?

Ilustrasi.
Ilustrasi.

DEPOK – Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok, Wijayanto mengatakan kendaraan yang jarang diservis bahkan hingga tidak lolos uji emisi sebaiknya ditindak dengan cara ditilang. Tujuannya adalah memberikan efek jera bagi pengendara yang tidak merawat kendaraannya yang memicu timbulnya polusi udara.

“Saya inginnya kendaraan yang tidak lolos uji emisi ditilang, tapi urusan tersebut juga butuh kajian. Mudah-mudahan Polresta Depok dapat bersinergi dalam hal ini,” kata Wijayanto seperti dikutip situs resmi Pemkot Depok.

Menanggapi hal tersebut, Kanit Dikyasa Polresta Depok AKP Rasman mengatakan, sejauh ini kendaraan yang melampaui batas gas buang, hanya akan diarahkan kepada dealer yang ditunjuk langsung untuk dilakukan perbaikan.

“Kami akan berikan rekomendasi bengkel agar pengendara dapat segera melakukan perawatan kendaraannya. Terkait penilangan, saat ini belum ada arahan ke situ, kami bertugas lebih kepada pengamanan kelancaran lalu lintas atau hal-hal lain yang mengganggu kelancaran untuk kegiatan uji emisi,” terangnya.

Walaupun demikian, dirinya menapresiasi bilamana peraturan tindakan penilangan, terhadap kendaraan yang tidak lolos uji emisi tersebut disahkan. Karena hal ini akan berdampak besar terhadap kulitas udara yang dimiliki Kota Depok. (fa)

Komentar

Berita lainnya