oleh

Atasi Macet, Pemkot Akan Bangun Depok Outer Ring Road

Ilustrasi macet.
Ilustrasi macet.

DEPOK – Sebagai kota penyangga ibukota, Depok sudah pasti menjadi salah satu tujuan kaum urban yang bekerja di Jakarta. Banyak mereka yang memilih bermukim atau mencari tempat tinggal di kota belimbing ini.

Dampaknya bisa jadi baik untuk perekonomian dan pertumbuhan kota itu sendiri. Depok berkembang menjadi kota megapolitan yang maju dan menjadi destinasi hunian kaum urban, sehingga tidak heran banyak muncul perumahan-perumahan baru di Depok.

BACA JUGA:  Jelang Munas V(irtual) Hidayatullah Gelar Berbagai Acara

Tapi, jika Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terlambat sedikit saja dalam perkembangan infrastruktur seperti jalan, maka akan timbul kemacetan di tiap jalan-jalan utama.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Edi Suherman mengatakan, banyak faktor yang mengakibatkan kemacetan di Kota Depok. Tingginya pertumbuhan penduduk dan minimnya pembangunan infrastruktur jalan menjadi penyumbang kemacetan terbesar.

Selain itu, kata dia, jam masuk dan pulang sekolah di Depok sangat memengaruhi kemacetan. Ditambah, tingkat kedisiplinan dan penegakan hukum yang belum maksimal bagi pengendara yang melanggar.

BACA JUGA:  Pegawai Terpapar Covid-19, Kantor Kelurahan Bojongsari Ditutup Sementara

“Untuk mengatasi kemacetan, semua pihak memang perlu turun tangan. Ini tugas bersama, bukan hanya tanggung jawab Dishub saja,” ujarnya baru-baru ini, di Balaikota.

Dia manambahkan, selama ini masyarakat terbantu dengan adanya angkutan KA Commuter Jabodetabek (atau disebut juga KRL Commuter Line). Dalam satu hari saja, rata-rata penumpang di Depok mencapai 104.180 orang yang naik kereta menurut data pada tahun 2015.

BACA JUGA:  Pelaku Usaha Tak Taat Pembatasan Aktivitas Warga, Bakal Kena Denda 25 Juta

Kedepan, Depok akan membangun tiga koridor angkutan massal dan Depok Outer Ring Road (DORR), yang akan menjadi jalan alternatif dan penghubung Depok di kawasan timur, barat, utara maupun selatan.

“Mulai tahun ini, Depok harus mencicil lahan untuk penyediaan jalan. Terutama untuk DORR agar kemacetan dapat terurai,” pungkasnya. (fa)

Komentar

Berita lainnya