oleh

Tips: Membuat Taman Vertikal Dengan Memanfaatkan Barang Bekas

Taman vertikal (vertical garden) adalah konsep taman tegak, yaitu tanaman dan elemen taman lainnya yang diatur sedemikian rupa dalam sebuah bidang vertikal.

Ruang hijau di pekarangan rumah tidak hanya dibutuhkan untuk resapan air dan keindahan semata. Pasalnya, tanaman hidup dapat mengurangi dampak polusi udara dan sebagai penghasil oksigen bagi manusia.

Membuat taman vertikal juga tak mesti menggunakan material mahal. Anda bisa memanfaatkan barang-barang yang tersedia di rumah untuk membuatnya.

BACA JUGA:  Tentang Kain Hitam di Videoklip Lagu ‘Jangan Dipaksa’ Bima WP feat. Febby Alandino

Berikut ini beberapa ide taman vertikal sebagai referensi Anda.

Memanfaatkan Botol Bekas Minuman Soda
Jika menggunakan botol kemasan minuman bersoda, jangan tanam tumbuhan yang memerlukan ruang luas untuk tumbuh. Botol jenis ini bisa digunakan untuk tanaman bumbu atau obat.

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Anda cukup melubangi bagian tengah botol untuk memasukkan media tanam dan tanaman. Gunakan pula kabel kawat untuk menata botol-botol tersebut di dinding luar rumah Anda.

BACA JUGA:  Model Cantik Hanggini Rilis Single Baru "Ruang Bahagia"

Memanfaatkan Kantong Sepatu Bekas
Alternatif lain untuk membuat taman vertikal dengan biaya yang murah adalah menggunakan kantong sepatu bekas yang sudah tidak terpakai. Pertama, cuci kantong hingga bersih sebelum digunakan.

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Letakkan tanah atau media tanam dalam kantong, kemudian tanam tumbuhan yang Anda inginkan. Di sini, Anda bisa menamam aneka sayuran, tanaman untuk bumbu dapur, dan tanaman obat.

Gunakan Stoples Kaca (Mason Jar)
Untuk membuatnya, Anda bisa menggunakan kayu berbentuk persegi atau bujur sangkar. Lubangi bagian tengah kayu sebagai tempat dudukan stoples kaca.

BACA JUGA:  Erika Rasyid Garap Ulang Lagu Si Manis Jembatan Ancol
index3.jpg
Ilustrasi

Tambahkan batu kecil di bagian dasar stoples untuk memberi ruang untuk akar yang sedang berkembang. Setelah itu masukkan tanah dan tumbuhan yang akan ditanam. Biarkan bagian daun keluar dari tutup stoples. Terakhir, gunakan kabel metal yang kuat untuk menggantung stoples tersebut.

Komentar

Berita lainnya