oleh

Situ Gede Meluap, Puluhan Rumah Terendam Banjir

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Jawa Barat – Sekitar 30 rumah, sebuah restoran dan sebuah sekolah alam terendam banjir akibat meluapnya air Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu pagi (28/2).

“Air meluap mulai pukul 05.30 WIB, merendam tiga titik lokasi, di tiga RW berbeda,” kata Lurah Situ Gede, Junaidi.

Junaidi mengatakan, meluapnya Situ Gede karena hujan turun intensif sejak pukul 04.55 WIB. Hujan turun merata di wilayah Kota Bogor, selama hampir tujuh jam lebih.

BACA JUGA:  Ridwan Kamil Keluarkan Surat Peningkatan Kewaspadaan di Jabar

“Ini baru pertama kalinya Situ Gede meluap, dikarenakan intensitas hujan yang tinggi. Hujan turun dari jam empat pagi, sampai jam 12 baru berhenti,” katanya.

Menurut Junaidi, meluapnya Situ Gede karena tidak mampu menampung debit air hujan dan air yang berasal dari situ lainnya di Kelurahan Situ Gede, serta aliran kali-kali kecil.

BACA JUGA:  Ridwan Kamil Apresiasi Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di Depok

Luapan Situ Gede menyebabkan Jalan Tambakan yang menghubungkan Cifor dan kampus IPB terendam air ketinggian 80 cm. Hal ini menyebabkan arus lalu lintas menjadi tersendat.

Genangan air di Jalan Tambakan merendam sejumlah warung, salah satunya milik Sukro Prianto. Air masuk ke dalam warungnya, karena selokan yang ada di depan tersumbat oleh sampah.

BACA JUGA:  Pendakian Gunung Gede Pangrango Kembali Ditutup

“Baru kali ini Situ Gede meluap, dari pagi tadi air naik,” kata Sukro.

Sumber: Antara

Komentar

Berita lainnya