oleh

Pemkot Depok Akan Buat Kantong Plastik Dengan Daya Tahan Tahunan

Salah satu minimarket di Sukmajaya, Depok, mulai memberi tahukan pelanggannya untuk penerapan kantong plastik berbayar. (san/depokpos)
Salah satu minimarket di Sukmajaya, Depok, mulai memberi tahukan pelanggannya untuk penerapan kantong plastik berbayar. (san/depokpos)

Depok, (22/2) -Seiring mulai diberlakukannya ujicoba kantong plastik berbayar di Kota Depok sejak Minggu (21/2),  Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok Wijayanto mengatakan akan merencanakan pembuatan kantong plastik berbayar dengan kualitas bagus dan tahan lama.

“Kalau saya menginginkan kantong plastik yang bagus dengan harga Rp 15 ribu yang bisa dipakai selama setahun atau dua tahun. Sekalian jualan kantong plastik,” ujar Wijayanto di Balaikota Depok, Jawa Barat (Jabar), Senin (22/2).

Menurut Wijayanto, persoalannya bukan murah dan mahalnya harga kantong plastik. Yang terpenting semangat mengurangi kantong plastik. “Saya mengimbau seluruh masyarakat untuk membawa kantong plastik sendiri saat berbelanja dan kantong plastik jangan dibuang,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Kampanye Pilkada 2020 Harus Terapkan Protokol Ketat

Dia menjelaskan, pihaknya sudah membuat surat pemberitahuan yang diperuntukkan kepada seluruh perusahaan ritel yang beroperasi di wilayah kota Depok. Tujuannya, para ritel segera mengikuti aturan penggunaan kantong plastik berbayar.

“Saat ini kita belum keluarkan aturan dan kebijakan berapa harga kantong plastik. Silahkan jual dengan harga yang mereka tetapkan sendiri. Saya dapat kabar mereka menjual dengan harga Rp 200 per kantong plastik,” tutur Wijayanto.

BACA JUGA:  Paslon Pilkada Harus Perhatikan Protokol Kesehatan Saat Kampanye

Nantinya plastik dengan kapasitas ukuran kecil akan dihargai sebesar Rp 500 dan untuk plastik dengan kapasitas ukuran yang cukup besar akan dihargai sebesar Rp 1.000.

Komentar

Berita lainnya