oleh

Hadapi Rawan Bencana, PMI Subang Siapkan 500 Personil

Kepala Markas PMI Kab Subang, Dally Kardilan THR. (Ted)
Kepala Markas PMI Kab Subang, Dally Kardilan THR. (Ted)

SUBANG,  (19/2) – Menghadapi rawan bencana, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Subang telah menyiapkan personil sebanyak 500 orang. Menurut Kepala Markas PMI Kab Subang, Dally Kardilan THR, personil tersebut terdiri dari Palang Merah Remaja (PMR), pelajar dan Korps Suka Realawan (KSR) dari berbagai tingkatan.
“Mereka telah dibekali keterampilan dalam menghadapi bencana,” ujar Dally kepada wartawan, Kamis (18/2).
Berdasarkan Kelompok Kerja (Pokja) Penanggulangan Bencana dan Pengungsi PMI diberikan tanggung jawab untuk mengelola dapur umum. Disamping itu telah ada fasilitas ambulan dengan peralatan lengkap.
Sedangkan mengenai wilayah yang menjadi perhatian, kata Dally berdasarkan assesment, diantaranya: wilayah Gunung Api yang meliputi Ciater, Kasomalang, Jalancagak dan Sagalaherang. Wilayah rawan longsor di wilayah selatan Subang.
Untuk rawan banjir berada di utara Subang. Sekarang kita tengah memantau curah hujan dan ketinggian air di Sungai Cipunagara yang mengarah ke utara Subang. Apabila curah hujan tinggi terlebih jika berlangsung berhari-hari yang mengakibatkan banjir di wilayah utara Subang.
”Dari pantauan ketinggian air sudah mencapai 600 (centimeter) atau 6 meter. Kalau lebih dari itu hampir bisa dipastikan penghuni di sekitar bantaran Sungai Cipunagara akan terkena banjir,” beber Dally. (Tedy)

Komentar

Berita lainnya