oleh

Ratusan Warga Eks Gafatar Ditampung Di Cibubur

(Antara Foto)
(Antara Foto)

Depok, (28/1) – Warga Depok yang bergabung dengan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) dan selama ini dilaporkan hilang kini ditampung di Taman Wiladatika Cibubur Depok bersama 712 warga eks Gafatar dari Kalimantan Barat lainnnya.

Data sejauh ini mencatat 28 warga Depok yang selama ini dilaporkan hilang telah berada ditempat penampungan. Namun jumlahnya kemungkinan bertambah, seperti pendataan terbaru dari Kementerian Sosial mencatat sebanyak 118 orang menjadi eks Gafatar.

BACA JUGA:  Guru Besar UI: Puskesmas Miliki Peran Krusial Penanganan Covid-19

Warga eks Gafatar tiba di pelabuhan Tanjung Priok kemudian menuju Taman Wiladatika Cibubur dengan menggunakan 14 bus pariwisata dan 1 unit truk pengangkut.

Turut hadir menerima warga eks Gafatar Kapolesta Depok Kombes Dwiyono, Adhiyaksa Dault serta Dandim 0508 Depok, Letkol Inf Santosa.

“Kami hanya memfasilitasi membantu Kemensos karena penampungan di Cipayung sudah penuh ditampung di Cibubur. Asal Depok ada 28 orang, warganya tak satu tempat menyebar di kecamatan yang berbeda,” kata Santosa di Depok, Rabu (27/1).

BACA JUGA:  Dompet Dhuafa Luncurkan Program Beasiswa 1.000 Santri Indonesia

Santosa mengungkapkan, 28 eks Gafatar warga Depok tersebut terdiri dari beberapa kepala keluarga. Pendataan masih dilakukan sebelum mereka dipulangkan ke wilayah masing-masing.

Setelah itu kewenangan sepenuhnya ditanggung oleh Kementerian Sosial. Sedangkan Dinas Sosial Kota Depok dan Dinas Sosial daerah lainnya ikut mendata dan membantu pemulangan warga eks Gafatar ke pihak keluarga. (fa)

Komentar

Berita lainnya