oleh

Di Kota Layak Anak, Kekerasan Terhadap Anak Justru Meningkat

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Depok, (1/1) – Agustus lalu, tepatnya tanggal 11 Agustus 2015, Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail, menerima penghargaan Kota Layak Anak 2015 kategori Madya di Istana Kepresidenan Bogor. Penerimaan penghargaan tersebut bertepatan dengan acara puncak peringatan Hari Anak Nasional.

Kota Depok mendapat penghargaan Kota Layak Anak (KLA) dengan kategori Madya setelah sebelumnya dua kali berturut-turut meraih penghargaan yang sama dengan kategori Pratama.

BACA JUGA:  Terhambat Pandemi, Program Smart City Depok Capai 75 Persen

Predikat Kota Depok sebagai Kota Layak Anak menjadi tanda tanya besar mengingat kasus kekerasan anak sepanjang tahun 2015 justru meningkat. Angka kasus kekerasan anak sebanyak 231 kasus, jumlah itu naik lima persen dari tahun lalu yang hanya 219 kasus.

“Kasus anak ini memang naik dan penanganan masalah anak dengan laporan yang masuk ke Unit Perlindungan Perempuan dan Anak ada 291 kasus,” kata Kapolresta Depok Kombes Pol Dwiyono di Depok, Kamis 31 Desember 2015.

BACA JUGA:  Ketua DPRD Depok Pimpin Sidang Paripurna APBD Tahun 2021

Dwiyono menambahkan, jumlah tersebut sudah ditangani hingga tingkat kejaksaan maupun diselesaikan melalui mediasi antara keluarga korban dan pelaku. Polresta Depok juga bekerja sama dengan Pemkot Depok dalam pemberian konseling atas semua kasus yang melibatkan anak-anak.

Jenis kasus yang melibatkan anak diantaranya adalah pelecehan seksual, pencurian, dan narkoba.

Komentar

Berita lainnya