oleh

Alun-alun Kota Depok Ditargetkan Rampung 2017

Sumber foto pradisupriatna.com
Sumber foto pradisupriatna.com

Depokpos, (7/1) – Pembangunan Alun-alun Kota Depok berupa taman terbuka seluas 1 hektar di halaman depan Kompleks Balai Kota Depok, masih akan memakan proses panjang.

Menurut Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Distarkim) Kota Depok, Kania Parwanti, tahap awal barulah berupa pemindahan memindahkan lokasi tiang bendera dan pelatarannya menjadi tegak lurus sejajar dengan gedung Balaikota Depok serta merombak bekas gedung satpol PP Depok yang akan dijadikan lahan terbuka.

BACA JUGA:  Indonesia Care Ajak Korban PHK terdampak Covid Jadi Enterpreuner Lewat Budidaya Ikan Hias

“Untuk kelanjutan dalam persiapan lelang. Juga masih menunggu kepastian dana anggaran belanja tambahan (ABT) 2016 serta anggaran tahun 2017 mendatang, untuk kelanjutan berikutnya,” kata Kania, Rabu, (6/1).

Menurutnya kebutuhan keseluruhan Alun-alun Kota Depok dengan taman megah, pagar, jalan di tengah taman serta fasilitas bersantai lainnya, memakan biaya sekitar Rp 4 Miliar secara bertahap.

“Diharapkan selesai 2017 mendatang. Jadi kini prosesnya masih panjang,” kata Kania.

BACA JUGA:  Calon Wali Kota Depok Mohammad Idris Positif Covid-19

Ia menjelaskan Alun-alun kota ini berlokasi di lahan bekas gedung kantor Satuan Polisi Pamong Praja dan berseberangan dengan gedung Perpustakaan Umum Kota Depok.

Kania mengatakan taman di alun-alun ini memiliki konsep terbuka. Ke depan, setiap orang yang berjalan di Jalan Margonda bisa langsung melihat Gedung Balai Kota Depok. Karenanya kata dia akan ada pagar mengikuti bentuk taman, agar Balai Kota dapat terlihat dari depan jalan.

BACA JUGA:  Pemkot Depok Rekomendasikan UMK 2021 Naik 3,27 Persen

Sementara Kasi Tata Bangunan Distarkim Depok, Sriyanto, menjelaskan Alun-alun Depok ini bakal langsung bersentuhan dengan Masjid Agung Baitul Kamal, Depok.

Karenanya masjid bakal menjadi daya tarik masyarakat yang berkunjung. “Setelah taman di alun-alun jadi, maka pengunjung dilarang menginjak rumput di taman tersebut, namun bisa melewatinya dengan jalan yang dibuat,” kata dia.

Komentar

Berita lainnya