oleh

Chairil Gibran Ramadhan: Warga Depok “Sastrawan Muda Betawi” Di Kancah Nasional

Sastrawan Betawi Muda

Sastarawan senior Eka Budianta pernah meminta Gibran secara khusus menulis esai antologi bersama “Kahlil Gibran di Indonesia” , mengantarkannya berpidato di hadapan dubes Libanon, Libya, Tunisia, Belgia, dan Amerika.

Selain menulis dan menyunting, Gibran juga diminta menjadi juri sastra dan pembicara pada ajang budaya dan sastra (diantaranya bersama Sutardji Calzoum Bachri pada “Temu Sastra Indonesia 2012”, Jakarta, 211112), radio, televisi, FIB-UI, serta mewakili DKI Jakarta pada berbagai ajang sastra, dan diundang guru besar Universitas Riau, Prof. DR. Yusmar Yusuf, untuk membaca puisi bernuansa Betawi pada “Pancur Lagoon Poetry Reading” (Batam, 2012) dan “Helat Budaya Melayu” (Kampar, 2012).

BACA JUGA:  Jelang Munas V(irtual) Hidayatullah Gelar Berbagai Acara

iwang 2Saat ini Gibran yang juga penyayang kucing, masih mengelola Penerbit Padasan, Pemimpin Redaksi “Stamboel: Journal of Betawi Socio-Cutural Studies” (Jakarta), Redaktur “Jurnal Sastra: The Indonesian Literary Quarterly” (Bandung), serta pendiri Betawi Center Foundation dan Forum Betawi Membaca.

Gibran juga sedang menyiapkan Djali-Djali Bintang Kedjora: Setangkle Cerita Betawi (Padasan, 2015, antologi cerpen tunggal kedua berlatar Betawi), Kembang Kelapa: Kumpulan Catatan Budaya ~ Dari Batavia sampai Jakarta (Padasan, 2015, kumpulan esai pertama), dan Pasar Gambir (Padasan, 2016, kumpulan puisi berlatar sejarah dan budaya Betawi).

BACA JUGA:  Perketat Protokol Kesehatan, Depok Terbitkan Dua Perwal

Pencekalan sejak akhir 2010 dari sebuah lembaga berembel-embel Betawi lantaran otokritik yang sering disampaikannya, tak menyurutkan semangat Gibran untuk terus membawa alam Betawi ke tingkat nasional bahkan dunia dalam bentuk cerpen, esai, dan sesekali puisi.

“Saya bersama Fadli Dzon dan sastrawan lainnya juga sedang menyiapkan buku yang berkaitan dengan kebudayaan,” kata Bang Iwang yang hobi makan Gado-gado dan Nasi Uduk ini. (Adhes Satria)

Komentar

Berita lainnya