Setahun TBM Lentera Pustaka, Komitmen Tekan Putus Sekolah dan Perluas Akses Bacaan

Senin 5 November 2018, Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di Kampung Warung Loa Desa Sukaluyu Kec. Tamansari Kab. Bogor memasuki usia 1 tahun. Satu tahun, tentu usia yang masih sangat muda atau baru merintis. Sekaligus menjadi perlunya komitmen yang kuat untuk tetap “mengabdi” bagi tegaknya budaya literasi di kalangan anak-anak usia sekolah. Dirgahayu TBM Lentera Pustaka !

Di usia setahun ini, TBM Lentera Pustaka akan tetap fokus pada dua hal: 1) mampu menekan angka putus sekolah dan 2) memperluas akses bacaan bagi 80-an anak yang menjadi anggotanya.

Atas dasar itu, perjuangan TBM Lentera Pustaka masih sangat panjang. Ikhtiar untuk terus membuat program dan kreasi agar anak-anak yang tetap mau membaca. Dan bahkan mampu memperluasnya hingga ke anak-anak usia sekolah di kampung yang lain. Karena TBM Lentera Pustaka sangat percaya. Bahwa melalui bacaan, maka akan terjadi perubahan cara pikir di anak-anak untuk tetap sekolah. Tidak boleh putus sekolah …

Perlu diketahui, sebagai landasan berdiriya TBM Lentera Pustaka. Adalah berangkat dari kegelisahan, kekhawatiran. Karena secara realitas, Desa Sukaluyu Kec. Taman Sari Kab. Bogor secara statistik menunjukkan rerata tingkat pendidikan masyarakat pada umumnya tamat SD mencapai 81,9%, tamat SMP 8,9%, dan tamat SMA 8,3%. Itu berarti, sekitar 90,8% tingkat pendidikan masyarakat hanya sebatas SMP. Kondisi inilah yang menjadi dasar “kegelisahan” TBM Lentera Pustaka harus berdiri dan beroperasi di wilayah tersebut.

Alhamdulillah, setelah setahun berdiri pun, TBM Lentera Pustaka telah berhasil menorehkan “catatan fakta dan data” yang cukup membanggakan. Beberapa capaian TBM Lentera Pustaka salam setahu beroperasi adalah sebagai berikut:

PENCAPAIAN TBM LENTERA PUSTAKA

Kp. Warung Loa Desa Sukaluyu Kaki Gn. Salak Kec. Tamansari Kab. Bogor

Data per November 2018

No. INDIKATOR Nov 2017 Nov 2018 Capaian
1. Jumlah Anggota 40 anak 110 anak 175%
2. Anak Pembaca Aktif 24 anak 80 anak 233%
3. Jumlah Koleksi Buku 900 buku 2.850 buku 216%
4. Rata-rata jumlah buku dibaca per minggu 1 buku 8 buku 700%
5. Jam Baca Rutin per minggu 2 kali 3 kali
6. Jumlah Anak Baca di Jam Baca Rutin 15 anak 35 anak 133%
7. Event bulanan menghadirkan “tamu dari luar” untuk berbagi ilmu/keterampilan Setiap bulan
8. Jumlah Petugas Baca 2 orang 2 orang
9. Fasilitas TBM Lentera Pustaka 7 box buku 7 box buku, free wifi, karpet baca
10. Program Motivasi Bulanan   1.    Pembaca Terbaik

2.    Jajan Bulanan

 

“Saya bersyukur, di usia 1 tahun ini, TBM Lentera Pustaka berhasil menorehkan capaian yang sesuai harapan. TBM ini berjalan sesuai niatnya. Melalui TBM Lentera Pustaka, kita berharap cara pandang tentang pendidikan dan masa depan harus diubah dan digeser ke literasi. Semakin banyak buku yang dibaca, maka anak akan semakin termotivasi untuk tetap sekolah” ujar Syarifudin Yunus, Pendiri dan Kepala Program TBM Lentera Pustaka.

Berangkat dari realitas itulah, TBM Lentera Pustaka hadir. Agar anak-anak usia sekolah SD hingga SMA di desa ini dan masyarakatnya bisa memperoleh “akses bacaan”. Untuk membiasakan anak-anak membaca buku bukan bermain, untuk mendekatkan anak-anak dengan buku bacaan.

Karena itu, TBM Lentera Pustaka mengundang dan mengajak Bapak/Ibu/Sahabat yang peduli terhadap masa depan anak-anak bangsa untuk memberikan kontribusi kepada anak-anak usia sekolah (SD-SMP-SMA) di Desa Sukaluyu Kec. Taman Sari (Kaki Gunung Salak) Bogor dalam bentuk:

  1. Berikanlah sumbangan atau donasi buku layak baca ke TBM Lentera Pustaka
  2. Donasikan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) untuk pelaksanaan operasional dan keberlanjutan TBM Lentera Pustaka di masa mendatang.
  3. Menjadi relawan atau volunteer untuk “terjun langsung” membimbing dan mendidik anak-anak dan masyarakat di TBM Lentera Pustaka agar lebih berdaya guna.

Sekali Lagi, di usianya seumur singkong ini, TBM Lentera Pustaka berkomitmen untuk mampu menkan angka putus sekolah, di samping memperluas akses bacaan anak-anak usia sekolah. Melalui jam baca seminggu 3 kali, TBM Lentera Pustaka berharap anak-anak pembaca aktif dapat “melahap” buku lebih banyak lagi.

Karena TBM Lentera Pustaka yakin, tanpa baca hidup akan merana. Maka, bacalah di TBM Lentera Pustaka.

Sungguh, siapapun boleh menjadi apa saja. Bahkan boleh menjadi apapun. Tapi itu semua pasti sia-sia, bila tidak tidak diikuti niat baik untuk meninggalkan “warisan” yang penuh makna untuk anak-anak yang gemar membaca.

Maka jangan tunda lagi, bergegaslah untuk membantu taman bacaan, memberdayakan anak-anak usia sekolah melalui bacaan. Kalau bukan kita, siapa lagi? Kalau tidak sekarang, kapan lagi? SELAMAT ULANG TAHUN KE-1 TBM LENTERA PUSTAKA. Salam Literasi …. #TBMLenteraPustaka #BacaBukanMaen #BudayaLiterasi

Comments

comments