Kegagalan Sebagai Awal Kesuksesan

Ilustrasi. (Istimewa)

Oleh: Ade Nurseha

Berbicara soal kegagalan, pasti yang teringat dalam benak kita adalah rasa takut. Mengapa demikian? Karena, kegagalan adalah sesuatu yang paling menakutkan bahkan tidak diingkan terjadi dalam kehidupan siapapun. Dan karena rasa takut tersebut dapat membuat orang menjadi tidak percaya diri terhadap kemampuan yang dimiliki, membuat semua orang menjadi takut untuk memulai sesuatu, bahkan membuat semua orang tidak dapat mengendalikan pikiran. Beberapa pertanyaan muncul pada saat kita berbicara kegagalan. Bagaimana cara kita bangkit kembali menerima semua kenyaataan setelah kita gagal?

Dapat kita benarkan bahwa kegagalan itu adalah sesuatu yang berarti. Mengapa? Jika kita telaah tidak semua kegagalan itu diartikan sebagai sesuatu yang memalukan. Karena, justru dari kegagalan tersebut dapat dijadikan sebagai pengalaman terpahit dalam kehidupan kita sehingga dapat dijadikan pukulan untuk diri kita agar terus menerus memperbaiki diri menjadi lebih baik untuk kedepannya. Ada pepatah mengatakan “hidup adalah perjuangan. Perjuangan butuh pengorbanan. Berani hidup. Berani berjuang”

Lalu bagaimana agar kita dapat meraih kesuksesan? Menurut Brian Tracy “sukses adalah keinginan anda untuk menjalani hidup sesuai dengan keinginan anda , melakukan apa yang ingin anda nikmati, dikelilingin keluarga, teman dan orang yang anda hormati”. Artinya, ketika kita ingin sukses hal yang pertama harus kita lakukan adalah percaya diri, melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang kita inginkan tanpa adanya paksaan, dan salah satu yang dapat kita jadikan sebagai pendorong kesuksekan adalah semangat yang diberikan orang-orang yang kita cintai,dan kita sayangi yaitu semangat dari orang tua.

Sejatinya tidak ada manusia yang allah ciptakan dalam keadaan bodoh. Semua allah berikan dengan kelebihan dan kekuranganya masing-masing. tergantung dari cara berfikir kita dan kemauan dari diri sendiri. Jika saat ini kita sedang mengalami kegagalan mundur bukanlah alasan yang tepat, malu bukanlah sikap yang benar, dan pasrah bukanlah jalan terbaik. Jangan jadikan kegagalan itu adalah akhir dari sebuah perjalanan. Jika saat ini kita gagal bukan berarti semua mimpi itu akan hilang dan sebaliknya ketika kita suskses jangan pernah beranggapan bahwa kamu telah mendapatkan semuanya.

Jangan pernah katakan tidak bisa sebelum kamu mencobanya. Lebih baik menyesal karena telah mekakukan sesuatu yang kita inginkan daripada menyesal karena tidak pernah mencoba sama sekali. Saat kita gagal teruslah berfikir positif karena semua orang mempunyai jalan sendiri untuk sukses. Dan sebaliknya ketika kita berhasil jangan pernah lupa untuk bersyukur karena apapun yang kita dapatkan itu semua dari allah.

Pada kadarnya dapat kita renungkan bahwa kesuksesan tumbuh dari orang-orang yang bersungguh-sungguh dan berusaha serta diiringin do’a. Dengan cara apa kita bisa meraih kesuksesan? Pertanyaan seperti itu sering terbayang-bayang dalam pikiran seseorang. Dari pertanyaan tersebut dapat kita garis bawahi yang pertama dapat kita lakukan sebagai mahasiswa adalah berfikir kritis tentang berkembangan zaman yang dihadapkan dengan tipu daya manusia, harus berani mencoba sesuatu yang baru, berani bergerak dalam hal apapun. teruslah berikan yang terbaik untuk hidupmu dan hidup orang lain. Kerena, hidup hidupmu berarti ketika kamu dapat berguna untuk orang lain.

Comments

comments