Resmi Dipecat, Eks Pemain Madrid Gantikan Posisi Lopetogui Sebagai Pelatih

Santiago Solarisaat masih memperkuat RealMadrid sebagai pemain. (Istimewa)

Sehari setelah dipecundangi Barcelona 1-5 dalam laga El Clasico untuk pekan ke-10 Liga Spanyol, Julen Lopetegui resmi dipecat oleh klub raksasa Spanyol, Real Madrid, pada Selasa dini hari WIB.

Lopetegui yang secara resmi menjabat sebagai pelatih Madrid sejak 12 Juni-29 Oktober 2018, atau tak lebih dari 140 hari, durasi tersingkat di antara 10 pelatih terakhir Madrid.

Dalam durasi tersebut Lopetegui mendampingi Madrid di 14 pertandingan kompetitif dan hanya bisa memenangi enam di antaranya, sementara menelan kekalahan di enam laga lainnya.

Secara keseluruhan persentase kemenangan Madrid di tangan Lopetegui adalah 42,86 persen yang merupakan catatan terburuk bagi pelatih Madrid dalam dua dasawarsa terakhir.

Hal itu juga disoroti oleh dewan pimpinan klub dalam pernyataan resmi pemecatan Lopetegui.

“Dewan Direksi menilai ada jurang antara kualitas tim, yang memiliki delapan pemain nominasi Ballon d’Or, sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya sepanjang sejarah, dengan hasil yang diraih hingga saat ini,” demikian bunyi pernyataan yang disiarkan laman resmi klub.

Santiago Solari, yang sebelumnya menangani tim lapis kedua Madrid, Castilla, dipercaya untuk menjadi pengganti Lopetegui.

Solari sendiri bukanlah sosok asing di Real Madrid. Selain karena ia sudah jadi pelatih di akademi Real Madrid sejak 2013, Solari sendiri adalah mantan pemain Real Madrid di era 2000-an, tepatnya 2000-2005.

Santiago Solari termasuk kategori pemain di era Los Galacticos. (AFP PHOTO/ Javier SORIANO)

Ketika Real Madrid membentuk proyek Los Galacticos dengan mendatangkan pemain-pemain bintang macam Luis Figo, Zinedine Zidane, Ronaldo, dan David Beckham, maka Solari adalah salah satu pemain yang datang ke Real Madrid dalam proyek tersebut.

Meski tak berlabel bintang, Solari punya peran yang cukup baik di tengah sinar-sinar kebintangan Zinedine Zidane dan kawan-kawan.

Dikutip dari Transfermarkt, Solari yang berposisi sebagai sayap kiri memainkan 208 laga bersama Real Madrid dengan catatan 22 gol dan 14 assist.

Bersama Real Madrid, Solari memenangkan dua gelar Liga Spanyol, dua gelar Piala Super Spanyol, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Interkontinental (cikal bakal Piala Dunia Antarklub).

Comments

comments