Pengembangan Kreatifitas Melalui Seni Merajut Benang

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika kembali mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat yang diikuti oleh dosen dan mahasiswa, beberapa waktu yang lalu. Kegiatan pengabdian masyarakat kali ini mengambil lokasi di RPTRA Jatinegara Jakarta Timur, dengan materi pelatihan pemberdayaan kreativitas pembuatan kerajinan dari seni rajut benang. Kegiatan diikuti lebih dari 15 orang yang berasal dari pengurus dan ibu-ibu PKK setempat. Dalam sambutannya Slamet Heri selaku ketua pelaksana menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai wujud perhatian dari dosen-dosen Universitas Bina Sarana Informatika dalam upaya memberikan pengetahuan dan ilmu khususnya pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan skill khususnya seni merajut benang. Selain itu, kegiatan ini sebagai wujud kepedulian dosen sebagai civitas akademika kampus dalam menularkan ilmu pengetahuan kepada masyarakat.

Peserta selain diberikan pengetahuan dasar tentang seni merajut, juga dilatih untuk mempraktekkan kemampuan merajutnya. Rasa antusias terlihat dari wajah-wajah peserta yang dengan seksama mengikuti arahan dari tutor. Tak jarang kejadian-kejadian unik terjadi seperti salah memasukan benang, salah dalam membuat rajutan, keluh kesah karena tidak bias, namun mereka tetap mengikuti dengan perasaan senang. Para tutor pun tak jarang harus mengulang materi berkali-kali hingga peserta paham. Wajah sumringah terlihat saat hasil rajutan benang telah selesai dan berbentuk bross bunga yang menawan.

Kesan yang beragam diungkapkan oleh ibu peserta pelatihan, seperti yang disampaikan ibu Nurhayati dan ibu Sofi. “Kami sangat senang bisa mendapatkan pelatihan merajut ini, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami dan bisa membantu kami lebih kreatif dan produktif lagi”, ungkap Nurhayati salah satu peserta. Lain halnya dengan ibu Sofi yang mengatakan bahwa produk yang dihasilkan nantinya dapat berguna untuk menambahn penghasilan. “Seneng banget, lumayan nanti bias dijual untuk tambah-tambah penghasilan” ujarnya.

Kegiatan ditutup dengan foto bersama antara peserta dengan para tutor dan dilanjutkan dengan pemberian cindera mata dari Universitas Bina Sarana Informatika kepada perwakilan pengelola RPTRA Jatinegara. “Semoga kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat terus berkelanjutan sehingga para pengelola dan PKK dapat lebih mahir lagi di masa mendatang” demikian ungkap Yeti selaku ketua PKK RPTRA Jatinegara.

Comments

comments