Pengabdian Masyarakat Universitas BSI di RPTRA Jatinegara

Pengabdian masyarakat merupakan salah satu indikator dari Tridharma Perguruan Tinggi yang wajib dijunjung dan dilaksanakan oleh civitas akademik di Perguruan Tinggi. Begitupula dosen dan tenaga pendidik di Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) yang secara berkala melaksanakan pengabdian masyarakat. Salah satu sasaran pengabdian tahun ini adalah RPTRA Jatinegara, di tempat ini terdapat berbagai lapisan masyarakat yang berkumpul dan berkelompok dibawah naungan RPTRA Jatinegara. Salah satunya yaitu kelompok anak-anak usia sekolah dasar yang menjadi sasaran utama dari kegiatan ini.

Pengabdian masyarakat ini berlangsung pada tanggal 20 Oktober 2018 bertempat di aula RPTRA Jatinegara yang dihadiri oleh 15 peserta didik dari kalangan anak usia sekolah dasar didampingi oleh petugas dari RPTRA dengan mengangkat tema “English Creative for Kids”. Sedangkan tutor yang mengisi pembelajaran tersebut berasal dari dosen UBSI Fakultas Teknologi dan Informasi.

“Pengajaran yang diberikan kepada anak-anak usia sekolah dasar tentang bahasa inggris sudah dirasa tepat, mengingat kebutuhan yang diingikan anak-anak disini adalah belajar bahasa inggris,” ungkap Ahmad Fauzi selaku ketua tim pengabdian masyarakat UBSI.

Penekanan dari pembelajaran ini lebih kepada bagaimana anak-anak mampu menyukai bahasa inggris dan dapat melafaskannya dengan baik.

“Adik-adik di RPTRA Jatinegara masih malu-malu jika diajak berbicara menggunakan bahasa inggris, padahal mereka mengerti akan arti dari kosa kata bahasa tersebut,” tambah Fauzi.

Metode pengajaran yang diterapkan oleh Fauzi dan tim adalah bermain sambil belajar dimana adik-adik RPTRA Jatinegara diajak untuk belajar didalam sebuah permainan. Metode ini dirasa cukup efektif mengingat rata-rata usia peserta kisaran 6 sampai 10 tahun. Beberapa permainan edukasi yang diajarkan yaitu Simon Says, Board Race dan Hangman. Ketiga permainan tersebut cukup menarik perhatian bagi peserta pengabdian masyarakat. Didalamnya mereka diajarkan mengenal angka-angka, huruf dan gambar-gambar yang diberikan dengan menggunakan bahasa Inggris.

“Kami telah mempersiapkan dengan sedemikian rupa alat-alat peraga dan materi yang akan dibawakan oleh tutor. Diharapkan terdapat peningkatan kemampuan dalam berbahasa inggris dari peserta didik dan kedepannya pengabdian ini akan diadakan secara kontinyu demi menjaga kemampuan berbahasa inggris anak-anak di RPTRA Jatinegara,” papar Bryan Givan selaku tutor di kegiatan tersebut.

Comments

comments