Menuju Pasar Tertib Ukur 2019, Disdagin Sosialisasikan PTU di Pasar Depok Jaya

DEPOK- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) terus melakukan sosialisasi Pembentukan Pasar Tertib Ukur (PTU) ke sejumlah pasar. Salah satunya dengan memberikan sosialisasi kepada para pedagang yang ada di Pasar Depok Jaya.

“Sosialisas ini untuk memberikan pemahaman kepada para pedagang terkait dengan penggunaan alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) yang baik dan benar, sehingga memberikan perlindungan kepada konsumen melalui hasil pengukuran yang benar,” tutur Kepala Bidang Perdagangan Disdagin Kota Depok, Anim Mulyana belum lama ini.

BACA JUGA:  Sang Alang Rilis Lagu ‘Sontoloyo’ dengan Nuansa Karnaval

Dikatakannya, pihaknya memilih sosialisasi PTU di Pasar Depok Jaya karena pasar tersebut menjadi salah satu dari empat pasar yang dicanangkan sebagai pasar tertib ukur di tahun 2019. Keempat pasar tersebut yaitu Pasar Agung, Pasar Tugu, Pasar Musi Baru, dan Pasar Depok Jaya.

“Setelah sosialisasi nantinya kami akan menjadwalkan sidang tera terhadap alat ukur yang digunakan oleh para pedagang disini. Hal itu untuk memastikan seluruh alat ukur dalam kondisi layak dan berfungsi dengan baik,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Pengelola Pasar Depok Jaya, Mardanas, menyambut positif dengan adanya sosialisasi PTU kepada para pedagangnya. Dirinya meminta kepada Pemkot Depok untuk secara rutin melakukan pengawasan serta melakukan sidang tera di pasar tersebut. Sebab, demi meningkatkan kepercayaan masyarakat berbelanja ke pasar tradisional.

BACA JUGA:  Wisudawan STEI SEBI XIII Siap Perjuangkan Ekonomi Islam

“Kami senang sekali dengan adanya sosialisasi ini, sehingga para pedagang menjadi tahu terkait dengan penggunaan UTTP yang baik dan benar,” tuturnya.

Mardanas menambahkan, jumlah pedagang di pasar tersebut sebanyak 600 pedagang. Tetapi pedagang yang menggunakan UTTP untuk transaksi jual beli sebanyak 350 pedagang.

“Melalui sosialisasi ini, mudah-mudahan para pedagang semakin memahami pentingnya penggunaan UTTP yang baik dan benar dan ikut mendukung Pasar Depok Jaya sebagai pasar tertib ukur,” tandasnya.

Comments

comments