Pelayanan Satu Hari Akta Kelahiran Kembali Digelar di 4 Kelurahan di Depok

(Foto: Diskominfo)

DEPOK – Pelayanan satu hari (one day service) pembuatan akta kelahiran yang diadakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok akan kembali diadakan di empat kelurahan. Antara lain Kelurahan Cipayung, Kelurahan Mekarsari, Kelurahan Mampang, Kelurahan Pondok Cina, dan Kelurahan Bojongsari.

“Cipayung tanggal 12 dan 26 September 2018, Mekarsari tanggal 10 dan 24 Oktober 2018, Mampang tanggal 14 November 2018, Pondok Cina tanggal 28 November 2018. Terakhir Kelurahan Bojongsari tanggal 12 Desember 2018,” tutur Sekretaris Disdukcapil Kota Depok, Henry Mahawan kepada wartawan di ruang kerjanya, belum lama ini.

BACA JUGA:  Ijtima Ulama II Siap Digelar Akan Hadirkan Prabowo dan Sandiaga Uno

Dikatakannya, pelayanan pembuatan akta kelahiran akan diadakan di kantor kelurahan setempat. Dimana, pelayanan dibuka mulai pukul 08.00-15.00 wib.

“Jadi, warga hanya datang ke kantor kelurahan setempat sesuai tanggal yang sudah ditetapkan dengan membawa persyarakat pembuatan akta kelahiran yaitu buku nikah, kartu keluarga, dan KTP. Akta kelahiran langsung dicetak pada hari itu juga dan tidak dipungut biaya atau gratis,” terangnya.

Dikatakannya, pelayanan satu hari pembuatan akta kelahiran tersebut diprioritaskan untuk anak usia 0-18 tahun. Tetapi, bagi masyarakat yang ingin membuat akta kelahiran tetap dilayani dengan membayar denda Rp 100 ribu.

BACA JUGA:  Dompet Dhuafa Bukan Didirikan oleh Erick Thohir

“Program pelayanan satu hari tersebut sebagai upaya meningkatkan kepemilikan akta kelahiran anak usia 0-18 tahun di Kota Depok. Dimana, hingga Juni 2018, dari total 564.426 anak, sudah sebanyak 550.833 anak yang memiliki akta kelahiran atau 97,59 persen,” ujarnya.

Dirinya juga mengimbau masyarakat yang memiliki anak usia 0-18 tahun namun belum memiliki akta kelahiran agar segera dibuat. Sebab, saat ini pembuatan akta kelahiran lebih mudah, lebih cepat, dan gratis.

Comments

comments