Mencontek Bukan Budaya, Tapi Tipu Daya

Ilustrasi. (Istimewa)

Oleh : Uswatun Hasanah

Mencontek?! Apa yang ada dibenakmu tentang mencontek? Apakah kegiatan yang bersifat mempermudah pekerjaan, atau kegiatan yang memperlambat kerja otak, karena hanya mengandalkan ide orang lain, yang mungkin sebenarnya kamu juga bisa melakukannya.

Saya sebagai aktifis pendidikan, sangat tidak setuju dengan adanya kegiatan tersebut. Saya fikir itu hanyalah kegiatan yang tidak masuk akal, yang dilakukan oleh orang orang pintar yang tidak percaya dengan kepintarannya.

Mencontek adalah suatu kebiasaan yang ditularkan oleh orang orang yang tidak percaya diri yang kemudian di turunkan oleh pewaris kebodohan, dan dilestarikan oleh orang orang yang tidak mau maju. Padahal sebenarnya tanpa mencontek.

Sudah lumrah memang, kejadian kejadian seperti itu terjadi dikalangan anak sekolah bahkan mahasiswa di Indonesia, baik dalam mengerjakan tugas maupun saat ujian berlangsung. Bahkan tak jarang, mereka mendapat nilai dengan kegiatan tersebut. Padahal jika dibiarkan mereka yang dari kecilnya sudah terbiasa bahkan berbudaya mencontek, Bisa membuat mereka ketergantungan bila sudah besar dan jadi pejabat, mereka dengan mudah dan bisa melakukan hal hal curang seperti korupsi.

Negara yang mayoritasnya Islam ini tak asing lagi dengan mencontek, mereka menganggap Ini budaya, padahal jelas.. Selain membodohi, mencontek dalam Islam juga tidak diperbolehkan.

Karena memang di negara ini nilai lebih dihargai daripada kejujuran.

Stop mencontek, mari berbuat jujur. Negara Ini membutuhkan orang-orang jujur! Bukan yang hanya pintar hasil orang lain. “Mencontek bukanlah Budaya! Tapi mencontek adalah tipu daya”

Comments

comments