Manfaat dan Kandungan Kentang Untuk Diet

Solanum tuberosum atau yang lebih dikenal sebagai kentang merupakan tanaman setahun, bentuk sesungguhnya menyamak dan bersifat menjalar. Batangnya berbentuk segi empat, panjang bisa mencapai 50 – 120 cm dan tidak berkayu. Batang dan daun berwarna hijau kemerah-merahan atau keungu-unguan. Akar tanaman menjalar dan berukuran sangat kecil bahkan sangat halus. Selain mempunyai organ-organ di atas, kentang juga mempunyai organ umbi. Umbi tersebut berasal dari cabang samping yang masuk ke dalam tanah. Cabang ini merupakan tempat untuk menyimpan karbohidrat sehingga membengkak dan bisa dimakan. Umbi bisa mengeluarkan tunas dan nantinya akan membentuk cabang-cabang baru. Kentang termasuk tanaman setahun yang ditanam untuk dipanen umbinya. Umbi kentang merupakan ujung stolon yang membesar dan merupakan organ penyimpanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi.

Kentang, sayuran yang dimanfaatkan bonggol akarnya ini kaya akan nutrisi, merupakan sumber pati, vitamin dan serat. Tanaman umbi yang satu ini adalah salah satu tanaman tahunan, dan yang paling banyak ditanam diseluruh dunia. Juga merupakan salah satu komiditas yang murah, dan sebagian penduduk memanfaatkan sebagai makanan pokok seperti pada singkong. Botanikal tanaman ini termasuk subspesies dari Solanum tuberosum dan dari keluarga Solanaceae.

Kentang tumbuh sekitar 12 sampai 18 inci, dan banyak dimanfaatkan umbinya yang berada didalam tanah. Umbi biasanya berbentu bulat, oval atau lonjong dan ukurannya sangat bervariasi. Daging kentang secara umum berwarna terang putih, merah mawar atau cokelat muda, tergantung pada varietas dan tekstur kelembaban. Ada varietas kentang yang memiliki tekstur khusus seperti mentega.

Kandungan Nutrisi Kentang

Dalam 100 g kentang, terdapat nutrisi seperti :

Kalori (kcal) 76
Lemak 0,1 g
Lemak jenuh 0 g
Lemak tak jenuh ganda 0 g
Lemak tak jenuh tunggal 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 6 mg
Kalium 421 mg
Karbohidrat 17 g
Serat pangan 2,2 g
Gula 0,8 g
Protein 2 g
Vitamin A 2 IU
Vitamin C 19,7 mg
Vitamin D 0 IU
Vitamin B6 0,3 mg
Vitamin B12 0 µg
Kalsium 12 mg
Zat besi 0,8 mg
Magnesium 23 mg

Karena memiliki banyak kandungan nutrisi sehat seperti ini, maka apa saja khasiat kentang untuk diet? Lihatlah pada daftar dibawah ini.

Khasiat Kentang untuk Diet

Ada banyak cara untuk melakukan diet, misalnya dengan Menu Diet 7 Hari Tanpa Nasi. Namun, selain dengan diet nasi, manfaat diet kentang juga tidak kalah hebat dan bahkan memiliki keunggulan. Inilah manfaat diet kentang bagi anda yang menjalankan program diet :

Nutrisi

Terdapat 261 kalori, 0,3 g lemak dan 5,6 g protein dalam 300 g kentang yang direbus bersama dengan kulitnya yang tidak dikupas. Jika anda memilih untuk mengupas kulitnya sebelum merebus kentang tersebut, maka anda akan kehilangan 0,5 g protein. Entah dikupas atau tidak, kandungan kalori, lemak, serat, dan gula dalam kentang tersebut akan sama. Jika anda menggunakan kentang dalam program diet anda, anda dipastikan akan mendapatkan semua nutrisi sehat ini.

Vitamin

Kandungan Vitamin B kompleks juga ditemukan dalam kentang rebus. Salah satu manfaat vitamin B adalah untuk membantu dalam pembentukan sel darah merah sehingga bisa mencegah Akibat Diet Terlalu Ketat. Disamping itu, vitamin B kompleks juga bermanfaat dalam mengurai karbohidrat, lemak, energi, dan protein dari makanan yang anda konsumsi. Setengah kebutuhan vitamin B6 harian yang dibutuhkan oleh tubuh anda bisa dipenuhi hanya dengan mengkonsumsi 1 buah kentang rebus. Vitamin ini adalah vitamin yang sama yang terdapat pada Khasiat Pisang untuk Diet. Kandungan niacin dan thiamin sebanyak 30% juga akan anda dapatkan dari kentang rebus. Anda juga akan merasakan manfaat vitamin C yang terdapat dalam kentang sewaktu anda mengkonsumsinya.

Mineral

Mineral seperti fosfor, potasium dan magnesium adalah salah satu nutrisi sehat dalam kentang. Semua jenis mineral ini memiliki manfaat dalam membantu kesehatan untuk membangun jaringan saraf, fungsi otot dan kesehatan tulang. ¼ kebutuhan harian tubuh akan kalium bisa dipenuhi oleh kentang rebus. Kebutuhan harian magnesium dan fosfor sebanyak 20 % disediakan oleh kentang rebus.

Menghilangkan lemak

Kentang merupakan salah satu makanan yang bisa menurunkan berat badan. Ini dimungkinkan karena kentang memiliki kandungan yang berfungsi untuk menyerap lemak, dan mengeluarkannya melalui kotoran.

Mengatasi rasa lapar

Kandungan karbohidrat yang cukup tinggi adalah salah satu nutrisi dalam kentang. Kentang yang pada karbohidrat bisa membuat rasa kenyang bertahan lebih lama sehingga sangat bagus bagi anda yang ingin menjalankan program diet. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa mengolah kentang dengan cara dipanggang atau direbus, bukan dengan digoreng, sehingga kandungan lemaknya akan lebih rendah.

Bukan hanya kenyang lebih lama, salah satu manfaat kalori dalam kentang juga membuat anda tidak mudah tergiur oleh makanan lain. Ini disebabkan karena pati atau daging kentang memenuhi perut anda, jadi anda tidak akan tergoda untuk mengkonsumsi makanan atau snack lain. Baca juga Cara Menahan Lapar Tanpa Makan.

Energi

Jika anda menjalankan program diet, anda tentu membutuhkan banyak energi. Kentang memberikan energi tinggi pada anda untuk tetap bisa beraktivitas sepanjang hari, meskipun anda mengurangi asupan makanan karena program diet.

Melancarkan sistem pencernaan

Kentang juga mengandung serat yang cukup tinggi. Salah satu manfaat serat yang terdapat dalam kentang yang terkenal adalah untuk melancarkan sistem pencernaan anda.

Tubuh tetap sehat

Disamping karbohidrat yang memberikan energi, tubuh anda membutuhkan vitamin. Tubuh sehat adalah manfaat yang bisa anda dapatkan dari vitamin B6 dan vitamin C dalam kentang yang mendukung tubuh Anda untuk tetap segar dan kuat serta mencegah Penyakit Akibat Diet Berlebihan bagi tubuh.

Serat pangan

Selain berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan, serat dalam kentang juga memiliki peran sebagai pengganjal, yang mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

Kandungan air

Kandungan air yang terdapat dalam kentang juga bermanfaat untuk program diet anda. Kandungan air ini berfungsi untuk mengatasi rasa lapar, sehingga melancarkan program diet anda.

Itulah khasiat kentang untuk diet yang sangat bermanfaat bagi kalian yang sedang menjalankan program diet[Norma Yunita/DepokPos]

Comments

comments