HOPING Fasilitasi Operasi Katarak dan Khitanan Korban Gempa Lombok

LOMBOK UTARA, NTB –Pasca Sebulan lebih gempa yang melanda Lombok, Dompet Dhuafa melalui tim relawan LOVER (Lombok Recovery) yang memanfaatkan Hospital Keliling (HOPING) melakukan kegiatan screening katarak bagi pengungsi yang beresiko mengidap katarak serta mengadakan khinatan gratis kepada anak para pengungsi di kecamatan tanjung , Lombok Utara. Rabu Sore (09/05).

“Ingin kita khitankan anak saya mas, tapi belum bisa. Tapi kita Mengungsi di sini tetapi kami tidak ada biaya juga buat khitan anak – anak kami,” terang Siti Khomariah, ibu dari anak pengungsi korban gempa lombok.

Fasilitas kesehatan merupakan salah satu dari insfastruktur di Lombok Utara yang rusak parah saat bencana gempa bumi yang berada Di Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara. Rumah Sakit Umum Daerah Tanjung merupakan Rumah Sakit utama yang rusak berat akibat gempa.Sejak gempa Lombok, masyarakat terdampak terpaksa harus mengungsi. Warga tidak lagi berkegiatan dengan normal, dan membangun lagi rutinitas mereka dari awal. Termasuk dalam hal budaya khitan. Dalam tradisi masyarakat, anak-anak Lombok biasa di khitan tidak lebih dari umur dua tahun.

Melihat kondisi tersebut Dompet Dhuafa hadir, tentunya untuk memberikan layanan khitan gratis bagi pengungsi gempa Lombok. Pada tahapan kali ini ada sekitar 30 anak penerima manfaat dari khitan gratis yang akan bergulir secara bertahap. Dan 125 total penerima manfaat screening tidak hanya menunggu di Hospital Keliling tetapi tim relawan LOVER Dompet Dhuafa juga mendatangi rumah warga untuk menanyakan kesehatan akibat gempa yang terjadi.

“Alhamdulillah, tim LOVER dengan memanfaatkan fasilitas HOPING, hari ini akan menggelar khitanan untuk anak-anak pengungsi gempa Lombok. Selain khitan, kita juga melaksanakan screening atau pemeriksaan terhadap warga yang beresiko mengidap katarak di pengungsian. Ini sebagai langkah preventif dalam melayani kesehatan masyarakat terdampak gempa bumi Lombok,” terang Rosita Rivai, selaku General Manager Divisi Kesehatan Dompet Dhuafa.

Comments

comments