Destinasi Wisata yang Harus Dikunjungi Wisatawan Muslim

JAKARTA – Umat muslim tidak memiliki batasan untuk berkeliling dunia. Hanya saja sebagai traveler yang memeluk agama Islam, dalam menentukan tujuan berlibur tentu mempertimbangkan ketersediaan makanan halal di daerah tujuan. Sedangkan tidak semua negara memilikinya meskipun ada jumlahnya terbatas dan sulit untuk menemukannya.

1.Mekkah dan Madinah, Arab Saudi

Sudah tentu Mekkah dan Madinah adalah dua kota yang paling ramah untuk tujuan traveling umat muslim. Sebab dua kota di negara Arab Saudi ini menjadi kota tersuci dan pusat ibadah umat Islam diseluruh dunia tak terkecuali orang Indonesia. Saat traveling menjadi lifestyle seperti sekarang, orang yang beribadah ke Tanah Suci baik untuk menjalankan ibadah haji atau umroh selalu digunakan sekalian untuk kegiatan wisata religi.

Di dua kota ini wisata muslim bisa melakukan napak tilas jejak Nabi Muhammad SAW hingga berziarah ke makam beliau dan juga makam para sahabat. Berkunjung ke Mekkah maupun Madinah selain bisa dijadikan sarana wisata religi juga akan memberikan pengalaman spiritual yang besar bagi traveler itu sendiri. Masalah kuliner, tidak sulit menemukan makanan halal di dua kota ini bahkan hampir bisa dipastikan jika makanan yang tersedia semuanya halal.

2.Istanbul,Turki

Beberapa yang paling terkenal adalah Museum Hagia Sophia dan Blue Mosque. Khusus untuk Hagia Sophia memiliki sejarah panjang terkait dua agama besar. Bangunan ini sempat berfungsi sebagai gereja dan juga masjid sebelum akhirnya digunakan sebagai museum. Di Turki, traveler muslim tidak perlu bingung mencari makanan halal sebab mayoritas penduduk negara ini juga beragama Islam yang artinya makanan yang mereka makan juga dari bahan-bahan yang halal. Selain wisata sejarah, Turki dikenal juga memiliki banyak kota kuno dan lanskap alam yang indah, tak kalah dengan negara-negara maju di Eropa dan Amerika.

Itu adalah Negara Negara yang harus di kunjungi wisata muslim Indonesia,nomer 1 adalah dambaan semua muslim yang ada di dunia. ( Benny Chandra Ismail )

Comments

comments