Aplikasi SILO Permudah Warga Depok Urus Administrasi Kependudukan

Kabid Aplikasi dan Informatika Diskominfo Kota Depok, Rahmat Maulana saat mengenalkan aplikasi SILO di aula kantor Kecamatan Cilodong, Jumat (21/09). (Foto: Diskominfo)

DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok memperkenalkan aplikasi Sistem Informasi Layanan Online (SILO) kepada masyarakat. Aplikasi yang akan dirilis tersebut merupakan salah satu layanan yang mempermudah warga mengurus administrasi kependudukan (adminduk) di kelurahan maupun kecamatan.

“Saat ini kami kenalkan terlebih dahulu kepada kelurahan dan masyarakat agar dapat menjalankan aplikasi ini untuk kemudahan dalam pelayanan,” tutur Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Diskominfo Kota Depok, Rahmat Maulana di aula kantor Kecamatan Cilodong, Jumat (21/09), seperti dilansir situs resmi Pemkot Depok.

BACA JUGA:  Rumah Zakat Kirim 30 Ton Paket Superqurban dan 15 Truk Bantuan Logistik untuk Palu - Donggala

Rahmat mengatakan, melalui aplikasi tersebut nantinya masyarakat harus melakukan pendaftaran secara online dengan menyantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Pasalnya, aplikasi SILO akan diintegrasikan dengan data kependudukan yang ada di Depok.

Selanjutnya, ucapnya, saat mengajukan pelayanan, masyarakat tetap harus mengunggah persyaratan yang diperlukan. Mengingat, dalam aplikasi itu berkas masyarakat tetap diperiksa dan dilengkapi oleh pihak kelurahan maupun kecamatan.

“Jika berkas layanan sudah jadi, masyarakat dapat langsung memperoleh di kelurahan dengan menyertakan berkas asli,” katanya.

Terakhir, dengan aplikasi yang dibuat tersebut diharapkan dapat lebih memudahkan masyarakat dan kelurahan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Selain dapat menghemat waktu lebih efisien, tentunya harus didukung juga dengan tenaga yang berkompeten dan melek Informasi Teknologi (IT). []

BACA JUGA:  Etoser Tiga Kampus Bersatu Untuk Palu

Comments

comments