Yuk Bentuk Habits Baikmu

Habits adalah segala sesuatu yang kita lakukan secara otomatis, bakan kita melakukannya tanpa berikir. Habits adalah aktivitas yang dilakukan terus-menerus sehingga menjadi bagian daripada seorang manusia, atau lebih kita kenal dengan kebiasaan.

Tatkala kita melihat seorang penari profesional yang sedang show disuatu acara, kita terkagum-kagum melihat gerakannya yang begitu cepat dan teratur, bergerak kesana kemari mengikuti alunan musik yang diputar.

Bagi kita yang melihat show tersebut merasa hal itu merupakan keahlian luar biasa yang hanya bisa dilakukan oleh orang tertentu. Namun bagi si penari, itu hal biasa.

Saat kita melihat seseorang memainkan skateboardnya, meliuk-liuk dilintasan yang bergelombang tanpa jatuh sedikitpun, kita merasa terperangah dengan apa yang dilakukan si skater tersebut dan merasa itu adalah hal yang hebat, bagi mereka itu adalah hal biasa.

Biasa yang dimaksud disini bukan biasa dalam konotasi negatif, namun lebih berarti ke hal pembiasaan dan latihan yang dilakukan berulang-ulang. Bisa juga dikatakan mereka melakukan hal yang luar biasa berulangkali sehingga hal yang luar biasa bagi kita adalah biasa saja bagi mereka.

Jika diibaratkan habits adalah hasil keturunan, maka ayahnya adalah latihan dan ibunya adalah pengulangan. Apabila keduanya bertemu, pasti akan membentuk habits pada diri manusia.

Ada tiga langkah praktis dan mudah yang perlu kita lakukan untuk membuat habits baru dan tentunya semua itu harus dengan niat yang kuat.

Mulai dari hal-hal yang kecil

Mulailah habits baru dengan hal-hal kecil terlebih dahulu, mematok target tinggi diawal akan membuat kita hanya semangat diawal kemudian putus ditengah-tengah. Misal kita akan membentuk habits membaca buku, mulailah dengan 10 halaman perhari. Lama kelamaan apabila sudah terbentuk habits itu akan dilakukan secara otomatis bahkan akan menambah jumlah halaman yang akan kita baca.

Temukan tempat habits

Untuk melati sebuah habits kita perlu meletakan habits pada habits lain yang sudah solid (sudah jadi). Misal kita akan membaca buku setelah mandi sore atau setelah makan malam. Kuncinya adalah kata “setelah”. Sehingga habits baru itu akan terotomatisasi oleh habits lain yang sudah jadi tersebut.

Berlatih terus

Pada awalnya mungkin kita akan sedikit lupa pada habits baru yang sedang kita bentuk. Maka dari itu kita perlu membuat pengingat-pengingat seperti memo atau tulisan-tulisan kecil yang bisa terlihat oleh kita saat sedang melakukan aktivitas.

Misal menempel tulisan dikamar, dipintu kamar, dikantor, di meja belajar atau menulis nya di memo hp. Bisa juga meminta teman untuk mengingatkan tentang habits yang akan kita latih.

Intinya saat kita akan membentuk sebuah habits baru, mulailah dengan pembiasaan-pembiasaan kecil yang tidak terlalu berat, karena apabila dimulai dengan hal yang berat diawal cenderung akan gagal dan habits baru gak jadi terbentuk deh. Kunci dari pembentukan habits ini adalah istiqomah dalam menjalankannya sampai habits itu dilakukan secara otomatis sehingga itu menjadi kebiasaan yang akan kita lakukan. Selamat mencoba.

Ditulis oleh Lia Herlina, Mahasiswi STEI SEBI.

Comments

comments