Semangat Tiba-tiba Hilang? Bagaimana Mengatasinya?

Pernahkah kita menuliskan To do list, lalu tiba-tiba kehilangan semangat untuk beraktivitas?

Atau pernahkah kita tiba-tiba menghabiskan waktu seharian untuk bermain game, membaca komik, menonton film, windows shopping atau malah hanya tidur-tiduran sehingga akhirnya seluruh pekerjaan kita terbengkalai?

Walaupun tidak berbicara soal kesehatan kehilangan semangat adalah penyakit yang mematikan. Ketika seorang kehilangan semangat untuk hidup maka sesungguhnya dia telah kehilangan kehidupan yang dimilikinya.

Semangat adalah ruh kehidupan yang menjiwai setiap tindakan kita. Semangat mampu memberi kekuatan, menghilangkan ketakutan, mematahkan kesulitan, memulihkan rasa lelah, menciptakan jalan keluar, menerangi dalam kegelapan, dan mengantarkan kita pada tujuan.

Lalu, perlukah kita pergi ke psikiater dan dapatkan terapi? Atau dibiarkan saja dan menjalani hidup seperti zombie?

Atau adakah obat yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit kehilangan semangat ini? Jika gejala penyakit ini kita rasakan dalam diri kita, beberapa resep obat berikut dapat digunakan mengobati penyakit kita :

1. Perbaiki hubungan dengan Sang Pemilik Segala Kemenangan.

Apakah semangat hidup kita menghilang ketika kita merasa kehidupan itu susah, sempit, banyak sekali beban, merasa stres sehingga kehilangan semangat?

Kalau begitu, coba sekarang kita periksa lagi diri kita dan hubungan kita dengan Sang Pemilik Segala Hal, sholat kita? Seluruh kewajiban kita? Sudahkah semuanya berada di koridor yang benar?

2. Lihatlah segala sesuatu dari berbagai sisi.

Seringkali semangat hidup kita hilang ketika kita sedang mengalami kegagalan, hal tersebut membuat kita kehilangan motivasi untuk melakukan hal terbaik yang dapat kita lakukan.

Padahal motivasi adalah dorongan utama yang ada pada diri seseorang untuk melakukan suatu hal, untuk survive di kehidupan yang sangat kejam ini. Ketika motivasi tersebut telah menghilang maka tinggallah menghitung mundur waktu kehancuran.

Namun, sadarkah kita? Akan selalu ada keindahan dari tempat dimana kita terjatuh. Tak hanya di puncak gunung yang tinggi kita bisa melihat keindaha, bahkan di kedalaman laut yang amat dalam pun terdapat keindahan.

Hal itulah yang menjadi sebab mengapa melihat segala sesuatu dari berbagai sisi itu penting.

3. Fokuslah pada strong why

Strong why? Apa yang terlintas di pikiran kita ketika mendengar kata strong why? Strong why adalah alasan kuat yang harus dimilikioleh setiap individu untuk memulai, berhenti, maju, atau mundur dalam melakukan segala hal. Alasan kuat dari setiap impian, dari setiap tujuan yang ingin kita capai dalam hidup kita.

Ibarat kapal di tengah lautan begitulah manusia, ketika kapal tersebut memutuskan untuk berlayar maka haruslah ada tujuan jelas yang hendak dicapai, begitu pula seharusnya yang terjadi pada diri seseorang manusia, haruslah memiliki tujuan jelas yang harus ditentukan dari awal ketika hendak berlayar mengarungi kehidupan.

Setiap orang harus mempunyai semangat. Semangat akan membara ketika ada pemicu kebangkitan semangat tersebut. Sebagai contoh, mengapa para pahlawan bersemangat sekali tanpa mengenal takut melawan para penjajah? Jawabannya, tentu saja karena mereka memiliki Pemicu, Strong why, yakni kemerdekaan!.

Contoh lain, seringkali kita menemui berita tentang anak-anak pedalaman dimana mereka harus melewati medan yang memprihatinkan ketika berangkat menuju ke sekolahnya namun mereka tetap bersemangat sekolah. Mengapa mereka tetap melakukannya? Mengapa mereka tetap semangat setiap hari berangkat sekolah walaupun nyawa taruhannya? Ya, jelas sekali jawabannya adalah karena mereka memiliki mimpi dan mimpi itulah pemicu semangat mereka yg membara.

Semoga kita senantiasa bersemangat dalam menjalani hari-hari kita, semangat di setiap waktu dan keadaan dalam hidup kita. Aamiin.

Ditulis oleh Rahmawati Nur Ma’rufah, Mahasiswa STEI Sebi

Comments

comments