Rahasia ‘Ganti Baju’ Tari Ratoh Jaroe di Opening Asian Games 2018

(Istimewa)

Opening Ceremony Asian Games 2018 berlangsung meriah dengan suguhan tari pembuka bernama tari Ratoh Jaroe.

Rangkaian upacara Pembukaan Asian Games 2018 yang dilangsungkan di Stadion Gelora Bung Karno dan banyak menyisakan momen menarik nan menakjubkan bagi para penontonnya.

Mulai dari adegan Presiden Jokowi dengan motor gedenya, hingga panggung megah dengan berbagai atraksi nan menakjubkan. Salah satu penampilan yang paling disoroti adalah tarian pembukaan upacara Asian Games 2018.

Hal ini menjadi menarik lantaran banyak yang bertanya-tanya bagaimana para ratusan penari berganti kostum dengan sangat cepat.

Para penari dengan mahkota warna emas yang semula mengenakan kostum warna keabuan, di tengah tariannya tiba-tiba berubah mengenakan kostum warna jingga, lalu warna ungu dan warna-warna lain.

Penonton pun bertanya-tanya, gimana coba cara mereka mengganti pakaian secepat itu?

Ternyata, para penari yang membawakan tarian Ratoh Jaroe dari Aceh itu menggunakan pakaian yang memiliki banyak lapisan dengan motif serupa, namun beda warna.

Dalam video yang dibagikan oleh pemilik akun Facebook Viena Effendy, dapat terlihat bagaimana kostum para penari itu memiliki banyak lapisan beda warna di bagian bawah yang bisa dilipat ke atas membentuk penutup dada.

Pemakainya tinggal melipat ke atas, dan menempelkan ujung yang dilengkapi dengan perekat velcro, dan jadilah ia nampak mengenakan kostum beda warna.

Alhasil, tarian hasil koreografi Denny Malik dan Eko Supriyanto yang ditampilkan pada Sabtu (18/8/2018) malam itu berhasil memukau penonton. (Abidzar Algifari)

Comments

comments