Mengenal Lebih Dekat Tanaman Okra

(Istimewa)

Indonesia merupakan negara yang kaya akan hasil sumber daya alam yang terbentang dari sabang sampai marauke, dan mayoritas penduduk Indonesia bekerja sebagai petani. pertanian sayur di Indonesia juga memiliki potensi yang bagus, dan hasil pertanian juga memberikan keuntungan terhadap negara. Ironisnya, sampai saat ini pemerintah kurang memberi perhatian kepada sektor pertanian dalam program pembangunan. Usaha pertanian memiliki skala usaha kecil, sehingga sulit bagi petani untuk memiliki posisi tawar yang adil terhadap pelaku ekonomi lainnya.

Salah satunya adalah petani sayuran, pertanian sayuran banyak terdapat di wilayah Indonesia dan dari hasil tersebut ada yang digunakan sebagai komoditas suatu wilayah tersebut. Belakangan ini nama okra mulai banyak dikenal, terutama di Jakarta. Dimana sudah beredar bahwa tanaman okra sangat baik untuk penderita diabetes, karena sangat ampuh turunkan kadar gula darah. Bahkan swalayan-swalayan besar selalu kekurangan stok karena tingginya permintaan. Apa itu okra?

Okra merupakan salah satu jenis sayuran, sepintas buahnya seperti jari-jari lentik sehingga, orang Amerika menjulukinya sebagai “Lady Finger” karena buahnya berbentuk silindris berujung runcing. tanaman okra sebenarnya sudah lama dibudidayakan di Indonesia, bahkan sejak ratusan tahun yang lalu. Namun, masih banyak orang yang belum mengenal sayuran ini apalagi mencobanya.

Klasifikasi :

Nama umum Indonesia : Kacang Bindi, Kopi Arab

Okra merupakan tumbuhan yang berpembuluh, memghasilkan bij, tumbuhan berbunga, berkeping dua, dan sejenis kapas-kapasan. Banyak yang mengira okra sama dengan gambas, padahal keduanya berbeda karena, gambas termasuk dalam jenis labu-labuan.

Karakter Tanaman Okra :

  • Mengandung banyak lendir
  • Mudah di Tanam

Okra muda amat lezat jadi bahan sup dan sayuran lain, namun (serat) okra tua bisa di jadikan sabun mandi. Karena serat okra sangat lembut dan tidak melukai kulit.

Manfaat Okra bagi Kesehatan :

  • Dapat membantu pembentukan tabung saraf janin antara 4 dan 12 minggu kehamilan
  • Membantu menyesuaikan gula darah
  • Menjaga kesehatan saluran gastro-usus
  • Membantu penyerapan air, menangkap kolesterol berlebih, racun metabolisme dan empedu surplus dalam lendir tersebut dikeluarkan melalui tinja.
  • Untuk menurunkan berat badan
  • Memiliki natrium yang sangat tinggi, baik untuk penderita maag
  • Mampu membatasi perkembangan gejala asma
  • Menurunkan risiko katarak
  • Dan tentunya masih banyak kali kasiyat yang terkandung pada okra tersebut.

Kandungan Gizi Pada Buah Okra

Kadar Air 70 – 80 %
Protein 3. 90 %
Lemak 2.05 %
Kalium 6.68 %
Phospor 0.77 %
Karbohidrat 1.4 %
Kalori 39.97kal / 100g

Sayuran okra yang kini sedang naik daun, bukan karena rasanya yang lezat. Tetapi lebih karena khasiat yang ampuh untuk menggempur sel-sel kanker dan sangat cocok dikonsumsi penderita diabetes. Prospek usaha okra masih terbuka lebar, karena masih sedikit petani yang menggeluti tanaman ini, semoga bermanfaat. [Atika Rahma]

Comments

comments