Lebih Dekat ke Awan di Dataran Tinggi Dieng

(Foto: allindonesiatravel.com)

Dieng Plateau atau yang dikenal juga dengan sebutan Dataran Tinggi Dieng, dilihat dari sisi administratif/geografis, letak daerah ini bisa dibilang unik. Sangat jarang ditemukan di Indonesia dimana satu wilayah terbagi menjadi dua wilayah Administratif seperti Dieng, dimana bagian wilayah barat ( Dieng Kulon ) Masuk Wilayah Kabupaten Wonosobo, dan Sebelah Timur masuk Kabupaten Banjarnegara.

Kondisi alam Pegunungan Dieng dengan tanahnya yang subur menjadikan sektor pertanian sebagai Pencaharian utama masyarakat dataran Tinggi Dieng. Jenis-jenis tanaman seperti Kentang, Kobis, Wortel tumbuh subur dalam-petak-petak lahan penduduk yang tersebar di lanskap dan perbukitan Dieng.

Selain memiliki kearifan budaya lokalnya yang unik, obyek wisata Dieng yang satu ini juga memiliki pesona alamnya yang menjadi salah satu tempat wisata alam yang menarik di Jawa Tengah yang banyak memilikat hati para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Terletak di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah yang sering disebut sebagai Desa Tertinggi di Pulau Jawa yang menyimpan berbagai potensi wisata alam yang menarik, seperti Golden Sunrise Sikunir, Telaga Cebong serta bebabagai macam jenis tanaman yang menjadi komoditas kuliner di tempat wisata dataran tinggi Dieng.

(Foto: allindonesiatravel.com)

Sebelum azan subuh sekitar pukul 4.30 WIB para wisatawan yang mengunjungi kawasan Bukit Sikunir Dieng melanjutkan perjalanan menyusuri jalan setapak. Para wisatawan akan berburu sunrise di Puncak Sikunir Dieng.

Di Puncak Sikunir terdapat dua jalur akses untuk menuju kawasan Puncak Sikunir. Dan hal tersebut bisa dipilih tergantung minat dan menyesuaikan kebugaran fisik kita pada saat datang ke lokasi wisata alam Dieng yang dikenal eksotis ini.

Kita bisa memilih untuk menjangkau puncak satu atau puncak dua untuk menuju Puncak Sikunir dengan selih perjalanan sekitar +/- 30 menit. Kegiatan yang menarik dan selalu dinanti bagi wisatawan yang hadir di Puncak Sikunur Dieng adalah berburu surise yang cantik.

Pada titik spot dan momen saat kemuncuan Golden Sunrsire di Puncak Sikunir kita akan melihat dan menyaksikan sunrise yang berlatar belakang Gunung Merbabu, Gunung Sindoro dan pemandangan indah lainnya. (Abidzar Algifari)

Comments

comments