Kesuksesan Raditya Dika, dari Blogger Menuju Dunia Entertainment

(Istimewa)

Awalnya berkarir dari dunia blogging, Raditya Dika yang dikenal sebagai penulis ini kini sudah familiar dan populer di dunia entertainment. Sebagai penulis, Radit tentu tak menyangka perjalanannya bisa sejauh ini. Tak banyak penulis yang kemudian bisa merambah dunia entertainment dan sukses juga di dalamnya.

Raditya Dika Angkasa Putra Moerwani ini adalah salah satu diantara orang yang mampu melakukannya. Dunia Entertainment yang terkenal dengan persaingan yang keras dan ketat ternyata tak membuat nama Radit melempem. Dengan berbagai inovasi yang dimiliki nama Raditya Dika justru melambung tinggi.

Dari Blog Menuju Novel

Seperti disinggung diatas, Radit memulai semua karirnya dari dunia blog. Blog yang awalnya bernama kambingjantan.com ini kini sudah diganti dengan menggunakan namanya sendiri yaitu www.radityadika.com. Lewat media blog inilah Radit aktif menulis dan kemudian mengantarkannya ke dunia entertainment.

Blog yang berisi kehidupannya sehari-hari ini awalnya ia buat hanya untuk mengisi waktu luang sebagai diary digital. Namun tak disangka dari tulisan awalnya yang berjudul “Kambing Jantan” ini ia berhasil memenangkan penghargaan di Indonesian Blog Award dan penghargaan dari Indosat sebagai The Online Inspiring ditahun 2009. Dari dua penghargaan inilah Radit semakin termotivasi untuk terus menulis dan juga menerbitkan buku atau novel dari tulisan-tulisan yang sudah ditulisnya di blog.

Stand Up Comedy

Dunia hiburan yang juga melambungkan nama Raditya Dika adalah dunia Stand Up Comedy. Radith memang sangat mumpuni dalam lawakan komedi tunggal ini. Dengan banyaknya materi dan ide yang dimiliki dan keahliannya berakting didepan layar kaca, Radith menjadi sangat sempurna untuk menjadi comic (sebutan komedian stand up). Bahkan dalam beberapa sumber Raditya Dika dianggap sebagai salah satu dari tujuh tokoh pendongkrak dunia Stand Up Comedy di Indonesia.

Youtubers Indonesia

Raditya Dika juga terkenal sebagai youtuber dan berhasil meraih penonton mencapai jutaan. Tidak hanya itu, Radit juga memiliki subscriber terbanyak se-Indonesia. Sehingga apa pun konten yang diunggah Radit, mendapatkan penonton yang banyak dan meraih pundi-pundi uang yang lumayan dari channel youtubenya.

Sutradara Film

Raditya Dika memulai karir sebagai sutradara saat mengarahkan film adaptasi dari serial Youtube ciptaannya yang berjudul Malam Minggu Miko The Movie (2014). Lalu ia pun akhirnya mengomandoi film-filmnya sendiri seperti Marmut Merah Jambu (2014), Single (2015), Koala Kumal (2016), dan sampai film yang terakhir ia garap yaitu Targer (2018). Jadi di setiap filmnya sekarang ia selalu menjabat 3 posisi penting yaitu sutradara, penulis skrip dan pemeran utama. (Abidzar Algifari)

Comments

comments