Iko Uwais, Lewat Film Mile 22 Kiprahnya Semakin Diakui Dunia

Salah satu adegan yang diperankan Mark Wahlberg dan Iko Uwais dalam film Mile 22. Film ini dikabarkan akan menjadi film trilogi, dan Iko Uwais diprediksi juga akan ada di film-film selanjutnya. (Foto: YouTube)

Jakarta — Uwais Qorny, atau yang dikenal dengan nama panggung Iko Uwais (lahir di Jakarta 12 febuari 1983 umur 35 tahun) adalah seorang pemeran laki laki dan olahragawan pencaksilat berkebangsaan indonesia. Ia mengawali pertunjukan pertamanya di dunia perfilman ketika memerankan Yuda, seorang perantauan bersuku Minangkabau dalam film Merantau tahun 2009.

Nama iko melambung tinggi ketika ia sukses memerankan di film The raid (kemudian dirilis dengan judul internasional “The Raid: Redemption”)

Iko mulai ber-akting di kancah internasional ketika ia memainkan film STARS WARS : The force awakens. Pasalnya, tiga aktor Indonesia, yakni iko uwais, Cecep Arif Rahman, dan Yayan Ruhian, dikabarkan ikut tampil dalam film yang melegenda itu.

Beberapa waktu lalu, video iko uwais yang disambut meriah oleh fansnya di Amerika Serikat kala premier film Mile 22 menghebohkan media sosial. Publik di Indonesia terpana melihat aktornya memiliki fans fanatik di pusat perfilman dunia.

Pada Rabu (15/8) malam di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Ricky bercerita bagaimana Iko -seorang aktor yang identik dengan aksi laga silat asli Indonesia- bisa diterima dengan hangat di Negeri Paman Sam. Bahkan, sejumlah aktor Hollywood secara terang-terangan mengagumi Iko.

Yang membuat Ricky semakin tidak menyangka, ternyata pujian dan sambutan tersebut tak hanya datang dari penggemar. “Sambutan di sana bukan hanya fans, tapi juga dari industri. Iko nggak nyangka juga segininya, dia senang,” tuturnya.

Meski demikian, Ricky beranggapan sambutan hangat tersebut tidak terjadi begitu saja. Baginya, respons positif tersebut merupakan buah dari kerja keras dan konsistensi Iko Uwais selama ini di dunia perfilman.

Terlebih, bagi Ricky, Iko dinilai sebagai sosok yang tidak terlalu mementingkan atribut keartisan. Yang selalu menjadi perhatian aktor kelahiran 12 Februari 1983 adalah bagaimana dirinya dapat berperan maksimal dalam setiap filmnya.

Buah Kerja Keras

Namun terlepas dari polemik ketimpangan ras di Hollywood , capaian Iko saat ini adalah buah dari usahanya sejak dulu.

“Ya memang kerja keras, saya senang karena Iko total melakukan pekerjaannya. Dia nggak terlalu mikirin pernak-pernik dunia keartisan, dia suka kerja keras. Apa yang ada di depan mata, dia kerjain 200 persen. Ketika itu membawa hasil di sana, ya wajar saja,” urai Ricky.

Ricky Siahaan telah menjadi manajer Iko Uwais sejak 2016. Awalnya ia diminta oleh Audy untuk menemani Iko dalam sebuah perjalanan ke Amerika Serikat.

Dalam film ‘Mile 22’, Iko Uwais berperan sebagai seorang polisi bernama Li Noor yang bersentuhan langsung dengan agen CIA Mark Wahlberg. Film tersebut dijadwalkan tayang di AS 17 Agustus 2018. (Dimas Hawari)

Comments

comments