Hiduplah Dengan Sadar

Oleh: Delis Nurhasanah (Mahasiswi STEI SEBI)

Loh kok menyuruh hidup dengan sadar sih Del? Emang aku hidup secara tidak waras gituh? Eits jangan emosi dulu, bukan seperti itu maksudnya.

Yuk simak pengalaman yang pernah aku alami dan aku yakin 1000% kalian juga pernah mengalami hal ini, jujur aja ya hehe

Dulu ketika belum punya hp kita membayangkan betapa bahagianya punya hp, kita bisa nelpon, sms, bisa rekaman, gak bisa main musik apalagi bbm, WA, Fb, IG, sssttt ceritanya dulu kan masih klasik, masih layar kuning hehe, ketika hp sudah dalam genggaman lama- lama bosan karena seiring berjalannya waktu melihat hp orang lain semakin canggih terus dalam tahapan perkembangan hp dari klasik hingga android kita membayangkan pasti bahagia memilikinya. Tapi apakah benar bahagia? Jawab dengan jujur ya! Hehe

Nih contoh lagi, sudah punya hp membayangkan betapa bahagianya punya laptop, setelah memilikinya membayangkan lagi betapa bahagianya punya motor lanjut mobil, bus, container, lama- lama pengen pesawat pribadi kek nya. Iyakan?

Nah itulah hidup yang tidak sadar, hidup yang waktunya dihabiskan untuk memikirkan hal- hal yang belum terjadi. Sehingga apa yang sedang dihadapinya sekarang, saat ini, atau yang sedang terjadi, atau present life, mengalir begitu saja tanpa makna.

Baru bangun tidur bukannya berdo’a malah mikirin kamar mandi gimana ya ntar penuh deh hari ini kan anak-anak gak ada yang libur yaaaaaah ngantri dong (baca: anak asrama/kost). Giliran mandi pikirannya ada di tempat jemuran, eh ntar kalo gak nyuci sekarang jemuran pasti penuh, terpaksa deh harus nyuci sekarang, Sudah di tempat jemuran kepikiran hari ini jadwal dosen killer yaaaah jadi males.

Begitu seterusnya kita beraktifitas di bumi tapi pikirannya di langit, seolah- olah kita gak hidup di masa sekarang, seolah- olah waktu kita habis oleh pikiran kita sendiri yang terus memikirkan masa depan, sebenarnya ini sih penyakit yang harus diobati, dengan cara membiasakan diri untuk hidup saat ini, waktunya makan ya makan aja tanpa acara lihat hp, gadget, ngobrol, dan sebagainya. Kalo waktunya main ya main aja jangan inget sama hutang, ntar aja ingetnya pada waktunya hehehe. Kalo sedang belajar ya belajarlah jangan hiraukan kanan kiri yang gosip hehe, kalo sedang sedang liburan ya liburan aja jangan inget skripsi, ntar aja ingetnya pada waktunya hehe.

Tidak perlu nunggu masa depan untuk bahagia, mulailah dari sekarang dengan menerapkan hidup sadar. Sadar terhadap apa yang sedang kita lakukan, sadar penuh dengan masa saat ini dan selamat merasakan maknanya.

Comments

comments